Kamis 17 Jun 2021 14:07 WIB

Pria Kashmir Jadi Pendonor Darah Terbesar di India

Shabir Hussain Khan telah mendonorkan 174 liter darahnya di rumah sakit umum

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Kkantong darah
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Kkantong darah

IHRAM.CO.ID, KASHMIR--Seorang warga Kashmir, Shabir Hussain Khan sedang tidur siang ketika dia mendengar keributan di luar rumahnya. Ternyata ada seorang teman terluka saat bermain sepak bola dan kehilangan banyak darah. Khan, tanpa transportasi apa pun, bergegas ke rumah sakit dengan berjalan kaki untuk menyumbangkan darahnya.  

Kejadian tanggal 4 Juli 1980 itu menjadi awal mula Khan mendonorkan darahnya. Saat ini pria yang dikenal secara lokal sebagai “orang berdarah Kashmir” ini telah menyumbangkan 174 liter darahnya di rumah sakit umum yang dekat dengan rumahnya di Srinagar.

“Darah bukanlah sesuatu yang bisa Anda beli di pasar. Dulu donor darah belum umum, begitu pula bank darah.  Cara darah tersedia sekarang, tidak seperti itu sebelumnya.  Juga tidak ada konektivitas saat itu. Kami hanya memiliki radio dan dua atau tiga telepon rumah di seluruh wilayah,” kata Khan, yang memiliki golongan darah O-negatif.

Khan yang saat ini berusia 57 tahun, tinggal di Srinagar bersama ibunya yang sakit, saudara lelakinya dan putri angkatnya.  “Menyaksikan penderitaan orang dan perjuangan mereka telah menggambarkan keinginan saya sendiri.  Saya telah menjadikan ini sebagai misi hidup saya,” katanya.

Dia mengaku sempat takut pertama kali mendonorkan darah tetapi tidak pernah merasa tidak enak badan atau menghadapi masalah apa pun sehingga tindakan ini dilakukannya berulangkali.

Keamanan di Kashmir yang dilanda konflik bisa jadi tidak pasti, dan rumah sakit seringkali membutuhkan donor darah.  Khan memberikan darah empat sampai lima kali setahun. Kontribusinya ini bukan hanya yang tertinggi di Kashmir, tetapi juga di seluruh India.

Untuk mendorong orang lain untuk menyumbangkan darah, Khan sekarang menjalankan kampanye kesadaran dan menyelenggarakan kamp medis sepanjang tahun.  Dia telah menjadi sukarelawan dengan Palang Merah India selama 40 tahun, memimpin sebuah tim yang terdiri dari 40 orang di seluruh Kashmir yang pergi ke daerah yang terkena gempa dan banjir kapan pun mereka membutuhkannya.

Pada awal 1990-an, ketika pemberontakan separatis meningkat di Kashmir yang dikelola India, warga sipil sering terluka dalam baku tembak antara pemberontak dan pasukan keamanan India dan Khan sendiri dipukuli habis-habisan. Sebelum pandemi, Lancet melaporkan bahwa India memiliki kebutuhan 40,9 juta unit darah yang tidak terpenuhi per tahun.  Coronavirus telah memperburuk situasi.

“Di tengah pandemi, mendonor darah menjadi tantangan tersendiri.  Sebelumnya, 50 orang akan muncul di kamp donor darah.  Sekarang karena ketakutan bahkan delapan orang tidak akan maju.  Juga, sulit untuk mengatur kamp medis sekarang.  Anda perlu donor untuk diuji virus corona terlebih dahulu dan berhati-hati untuk mengikuti prosedur operasi standar,” ujarnya.

Untuk segala upayanya, Khan diundang oleh peraih Nobel perdamaian Ibu Teresa ke Kolkata pada tahun 1988 dan menghabiskan dua minggu bersamanya di daerah kumuh.  Tapi hidup Khan sendiri adalah salah satu kesulitan.

“Untuk mata pencaharian saya, saya bekerja sebagai buruh kasar. Mungkin terdengar mengerikan bagimu, tapi inilah kenyataannya.  Saya adalah seorang seniman bubur kertas tetapi tidak ada yang membeli produk bubur kertas sekarang, jadi saya harus mencari sesuatu yang lain untuk mencari nafkah,”jelasnya.

Dengan biaya pengobatan ibunya, sulit baginya untuk mengatur upah buruh harian dan dia mengakui bahwa dia kadang-kadang merasa "hancur" oleh kemiskinan.  “Terutama ketika Anda telah memberi begitu banyak kepada masyarakat dan ketika Anda membutuhkan, tidak ada yang [menawarkan] bantuan.  Ini bukan lelucon untuk memberikan darah Anda.  Dibutuhkan banyak motivasi, ketekunan dan dedikasi,”ujarnya.

“Di negara maju seperti Inggris, para pendonor mendapatkan medali emas jika menyumbang 100 liter.  Di Kashmir, tidak ada konsep seperti itu.  Menghargai para pendonor veteran akan mendorong lebih banyak orang untuk mendonorkan darahnya,” tambahnya.

“Khan adalah orang berkaliber tinggi dan kontribusinya tak tertandingi.  Tapi apa yang bisa kita lakukan adalah merekomendasikan dia untuk penghargaan negara.  Itulah yang paling bisa terjadi dari pihak kami dan kami akan melakukannya,”Kifayat Rizvi, dari Masyarakat Palang Merah India di Kashmir.

Khan mengatakan dia telah mendengar janji-janji penghargaan dari pemerintah sejak 2003 tetapi masih menunggu.  Namun, sebagai seorang Muslim yang taat, ia percaya bahwa pahalanya akan datang di akhirat.

“Setiap perbuatan baik yang saya lakukan adalah untuk Allah dan Dialah yang akan membalas saya untuk ini di akhirat,”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement