Lonjakan Covid-19 di Moskow Diduga karena Varian Baru

Jumat , 18 Jun 2021, 15:13 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Vaksin Covid 19 (ilustrasi).
Vaksin Covid 19 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, MOSKOW -- Wali kota Moskow, Sergei Sobyanin pada Kamis (17/6) menyebutkan bahwa situasi Covid-19 tidak terduga dan langsung memburuk. Ia juga mengatakan kota tersebut kemungkinan menghadapi varian virus corona baru yang lebih ganas dan menular.

 

Terkait

Ibu Kota Rusia melaporkan 7.704 infeksi baru pada Ahad. Angka tersebut menjadi angka kasus harian tertinggi sejak 24 Desember. Otoritas pusat mencatat 14.723 infeksi baru, yang tertinggi sejak 13 Februari. Angka kasus harian Covid-19 masih tinggi selama pekan ini.

Wali Kota mengatakan beban kasus pada Jumat akan mencapai 9.000 lebih, berpotensi menjadi rekor tertinggi di Moskow sejak awal pandemi. Hingga awal Juni, infeksi harian sebagian besar di bawah angka 3.000 selama beberapa bulan.

Sobyanin, yang berbicara saat rapat kerja dengan pemerintah yang disiarkan melalui stasiun TV pemerintah, tidak menyebutkan varian virus baru yang dimaksud. Kepala pengawas kesehatan konsumen, yang juga hadir dalam rapat tersebut, menuturkan bahwa jumlah kasus Covid-19 dikaitkan dengan varian Delta, yang mulanya muncul di India, meningkat secara drastis di seluruh negeri.

Sobyanin mengatakan pejabat langsung menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19. Saat ini cukup tersedia tempat tidur, katanya. Ia mengumumkan tidak ada pembatasan baru pencegahan Covid-19. Namun menurutnya pejabat akan mengawasi situasinya secara ketat.

sumber : Antara / Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini