Indonesia, Malaysia, dan Thailand Bahas Sinergi Halal UMK

Jumat , 18 Jun 2021, 16:45 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Kawasan industri halal. Ilustrasi
Kawasan industri halal. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Forum kerja sama lndonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (lMT-GT) merencanakan sinergi memperkuat pangsa pasar ekspor produk halal usaha mikro dan kecil (UMK). Upaya ini akan dilakukan melalui program Peningkatan Kapasitas Industri Halal.

 

Terkait

Rencana ini mengemuka dalam pertemuan 1st Strategic Halal Industry Colaboration Taskforce (SHICTF) atau Pertemuan Pertama Satgas Strategis Kerja sama Industri Halal, Kamis (17/6). Forum ini menjadi rangkaian dari Pertemuan IMT-GT Working Group on Halal Products and Services (WG-HAPAS) ke-15.

Baca Juga

Dalam pertemuan itu, Indonesia diwakili oleh delegasi yang dipimpin Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

Delegasi ini dikomandoi oleh Koordinator Bidang Kerja Sama Jaminan Produk Halal, Subandriyah; Koordinator Bidang Standardisasi Halal, M Jamaluddin; serta Koordinator Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi, EA Chuzaemi Abiddin.

Dalam paparannya, Subandriyah mengatakan   Indonesia sangat mengapresiasi dan mendukung rencana sinergi program penguatan UMK tersebut. Hal itu sejalan dengan upaya serius pemerintah dalam penguatan UMK di tanah air yang terus dijalankan melalui berbagai program.