Jepang akan Perkenalkan Paspor Vaksin Juli Mendatang

Sabtu , 19 Jun 2021, 07:37 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Dwi Murdaningsih
Paspor (ilustrasi)
Paspor (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, TOKYO — Jepang berencana memperkenalkan paspor vaksin pada Juli mendatang. Paspor dengan sertifikat yang menunjukkan bahwa seseorang sudah mendapatkan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (COVID-19) diharapkan dapat meningkatkan perekonomian negara itu. 

 

Terkait

“Kami ingin memulai pada Juli setelah persiapan secara keseluruhan dibuat,” ujar kepala sekretaris kabinet Kepang, Katsunobu Kato, dilansir CGTN, Kamis (17/6). 

Baca Juga

Sertifikat vaksin COVID-19 akan dikeluarkan oleh wilayah setempat di Jepang berdasarkan catatan vaksinasi pemerintah, dilaporkan akan tersedia bagi pemegang paspor biasa. Dokumen nantinya menunjukkan nama pelancong, kebangsaan, nomor paspor dan tanggal vaksinasi, sumber mengatakan kepada media lokal.

Pemerintah Jepang mengatakan akan menerbitkan versi digital dari sertifikat yang dapat diajukan secara daring. Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura mengatakan pada Kamis (17/6) bahwa panel ahli yang ditunjuk pemerintah telah menyetujui rencana untuk menurunkan keadaan darurat di tujuh prefektur termasuk Ibu Kota Tokyo, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Internasional mulai 23 Juli.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini