Kematian Anak Akibat Covid-19 Indonesia Tertinggi di Dunia

Sabtu , 19 Jun 2021, 10:07 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan kasus kematian akibat Covid-19 pada anak di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia.

 

Terkait

Ketua IDAI Aman Pulungan menuturkan proporsi kasus Covid-19 pada anak berkisar 12,5 persen yang berarti 1 dari 8 kasus konfirmasi terjadi pada anak.

Dari jumlah tersebut, angka fatalitas (case fatality rate) berkisar 3 persen hingga 5 persen dari total kasus Covid-19 pada anak.

“Dari seluruh anak yang meninggal itu, 50 persennya adalah balita,” kata Aman melalui konferensi pers virtual, Jumat.

IDAI meminta agar seluruh kegiatan yang melibatkan anak dilaksanakan secara daring untuk saat ini, termasuk rencana pemerintah untuk melaksanakan sekolah tatap muka terbatas.

Aman mengatakan IDAI mendukung pelaksanaan sekolah tatap muka apabila ‘positivity rate’ dari kasus Covid-19 di Indonesia di bawah 5 persen.

Sedangkan berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Jumat, ‘positivity rate’ Indonesia berkisar 28,51 persen.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya telah menghentikan sementara uji coba sekolah tatap muka sebagai respons atas melonjaknnya kasus Covid-19 pasca-libur Idulfitri.

Jakarta mencatat rekor kasus harian tertinggi selama pandemi sebanyak 4.737 kasus, setelah pada Kamis juga melaporkan 4.144 kasus.

Dinas Kesehatan Jakarta menyatakan tren kasus Covid-19 pada anak terus meningkat.

Dari total kasus yang dikonfirmasi pada Kamis, sebanyak 661 kasus atau 16 persen di antaranya merupakan anak berusia 0-18 tahun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini