Ahad 20 Jun 2021 01:02 WIB

Jerman Bungkam Portugal, Persaingan Grup F Euro 2020 Sengit

Portugal takluk 2-4 dari Jerman pada laga Grup F Euro 2020.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Israr Itah
Ekspresi bintang Portugal Cristiano Ronaldo saat timnya menghadapi Jerman pada laga penyisihan Grup F UEFA EURO 2020. Portugal takluk 2-4 dari Jerman di Allianz Arena, Muenchen.
Foto: EPA-EFE/HUGO DELGADO
Ekspresi bintang Portugal Cristiano Ronaldo saat timnya menghadapi Jerman pada laga penyisihan Grup F UEFA EURO 2020. Portugal takluk 2-4 dari Jerman di Allianz Arena, Muenchen.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Portugal menderita kekalahan menyakitkan 2-4 saat menghadapi Jerman pada laga kedua mereka di Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Muenchen pada Sabtu (19/6).  Kekalahan Portugal otomatis membuat persaingan Grup F Piala Eropa semakin sengit. Keempat tim yang tergabung dalam grup tersebut hanya memiliki selisih poin yang tipis, termasuk juru kunci Hungaria.

Prancis memimpin Grup F dengan nilai 4. Jerman berada di bawahnya dengan nilai 3, sama dengan Portugal. Sementara Hungaria di posisi juru kunci dengan nilai satu setelah menahan imbang Prancis 1-1 dalam laga sebelumnya.

Baca Juga

Prancis, Jerman, dan Portugal sama-sama masih berpeluang lolos sebagai juara, sementara Hungaria masih bisa finis sebagai runner-up grup. Penentuan posisi di klasemen akhir grup akan berlangsung pada Rabu (23/6), saat Portugal menghadapi Prancis dan Jerman melawan Hungaria. Peringkat tiga masih berpeluang lolos ke 16 besar karena empat peringkat tiga terbaik dari enam grup juga berhak lolos ke fase gugur ini.

Jalannya laga 

Portugal sebenarnya membuka pertandingan dengan baik. Cristiano Ronaldo mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-15 lewat serangan balik cepat memanfatkan sepak pojok Jerman yang gagal.

Bola liar hasil sepak pojok Die Mannschaft itu lantas diamankan oleh Nelson Semedo yang kemudian mengoper bola tersebut ke Bernando Silva. Pemain Manchester City itu selanjutnya menggiring bola melewati garis tengah dan memberikan operan silang kepada Diogo Jota. 

Bola digiring ke dalam kotak penalti sebelum akhirnya diberikan kepada Ronaldo. Dengan mudah penyerang Juventus itu melesakkan bola ke dalam gawang.

Alih-alih menambah keunggulan, Bruno Fernandes dan kawan-kawan justru malah kebobolan dua gol masing-masing pada menit ke-35 dan 39. Gol perdana Jerman dicetak oleh bek Portugal, Ruben Dias yang memasukkan bola ke dalam gawangnya sendiri.

Gol bermula saat Joshua Kimmich memberikan umpan silang kepada Robin Gosens. Pemain Atalanta itu kemudian mencoba memberikan umpan ke Kai Havertz. Bola tersebut terkena kaki Ruben Dias dan mengarah ke dalam gawang Portugal, yang tak bisa dihentikan kiper Rui Patricio.

Gol kedua Jerman lagi-lagi dicetak oleh pemain bertahan Portugal. Kali ini, gol tersebut dicetak oleh Raphael Guerreiro. Gol terjadi menyusul Guerreiro yang mencoba menangkal umpan silang keras pemain lawan.

Bukannya mengamankan bola ke luar kotak penalti, Guerreiro justru malah mengirim bola tersebut ke dalam gawang yang kembali mengecoh Patricio. Skor berakhir sementara 2-1 bagi keunggulan Jerman.

Jerman sebenarnya bisa saja menambah keunggulan pada babak pertama kalau saja gol yang dicetak Gosens setelah memaksimalkan umpan Thomas Mueller saat laga berjalan lima menit tidak dianulir. Wasit menilai Mueller lebih dulu handball sebelum memberikan bola. 

Memasuki babak kedua, pelatih Portugal Fernando Santos menarik Bernardo Silva dan menggantikannya dengan Renato Sanchez. Namun justru Jerman kembali menambah keunggulan mereka lewat kerja sama apik. Operan satu dua dari tengah berakhir pada sodoran bola Mueller ke Gosens di kotak penalti.

Gosens yang berada di sisi kiri lapangan selanjutnya kembali mengumpan bola tersebut ke depan gawang Portugal. Kai Havertz yang berdiri tanpa kawalan dengan mudah menyambar bola untuk membuat skor 3-1 pada menit ke-51.

Santos kemudian memasukkan Rafa Silva menggantikan William Carvalho pada menit ke-58.  Namun Portugal kembali harus memungut bola dari dalam jala pada menit ke-60. Gosens yang kali ini mencatatkan namanya di papan skor sebagai pencetak gol. Gelandang serang 25 tahun itu berhasil mencetak gol setelah menanduk umpan silang Joshua Kimmich.

Pelatih Jerman Joachim Loew menggantikan dua pemain, Mats Hummels dan Robin Gosens, dengan Emre Can dan Marcel Hastenberg pada menit ke-62 dan 63 setelah gol itu. Sementara Santos menarik Bruno Fernandes pada menit ke-64, digantikan Joao Moutinho.

Portugal berhasil membalas satu gol pada menit ke-67. Kerja sama Diogo Jota dan Ronaldo kembali berhasil membobol gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer. Gol bermula saat tendangan bebas pemain Portugal diarahkan ke Cristiano Ronaldo di dalam gawang. Bekas pemain Real Madrid ini lantas memberikan umpan kepada Jota yang berdiri bebas di depan gawang yang disambut tendangan voli keras.

Setelah ini Portugal tampak mengambil kendali. Namun Jerman dengan tenang menguasai keadaan. Meski sempat hampir kebobolan setelah satu percobaan Portugal mengenai tiang, Jerman bisa mengakhiri laga dengan kemenangan 4-2.

Susunan Pemain

Portugal (4-1-4-1)

Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias, Rapahel Guerrero; Danilo Pereira; Bernardo Silva (Renato Sanchez (46'), Bruno Fernandes (Joao Moutinho 64'), William Carvalho (Rafa Silva 58'), Diogo Jota; Cristiano Ronaldo

Pelatih: Fernando Santos

Jerman (3-4-3)

Manuel Neuer; Matthias Ginter, Mats Hummels (Emre Can 63'), Antonio Ruediger; Josua Kimmich, Ilkay Guendogan, Tno Kroos, Robin Gosens (Marcel Hastenberg 62'); Thomas Mueller, Serge Gnabry, Kai Havertz

Pelatih Joachim Loew 

Portugal 2-4 Jerman

Gol: Cristiano Ronaldo (15'), Digo Jota (67'); Ruben Dias (35'-bunuh diri), Raphael Guerreiro (39'-bunuh diri), Kai Havertz (51'), Robin Gosens (60')

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement