Nafes Tingkatkan Investasi Sektor Olah Raga di Saudi

Selasa , 22 Jun 2021, 14:52 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Tim Arab Saudi berlatih di Stadion Luzhniki
Tim Arab Saudi berlatih di Stadion Luzhniki

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al Faisal, yang juga presiden Komite Olimpiade meluncurkan platform "Nafes", Senin (21/6). Nafes bertujuan untuk melisensikan klub olahraga, akademisi, dan pusat kebugaran pribadi dan menjadi yang pertama di Kerajaan.

 

Terkait

"Platform, yang sejalan dengan program Kualitas Hidup, bertujuan untuk memungkinkan sektor swasta berinvestasi di sektor olahraga di Kerajaan. Serta memberikan peluang bagi investor lokal dan asing untuk mendirikan dan memperluas klub, akademisi, dan swasta," ungkapnya dilansir dari Saudi Gazette, Senin (21/6).

Platform ini memungkinkan investor untuk mengeluarkan lisensi demi mencapai tujuan Visi 2030 dan mendiversifikasi sumber daya ekonomi untuk membangun masyarakat yang sehat. Pada tahap pertama, platform akan mencakup sejumlah olahraga, sepak bola, bola basket, squash, dayung, dayung dalam ruangan, senam, judo, taekwondo, karate, jiu-jitsu, gulat, berbagai seni bela diri, Berkuda, bersepeda, anggar, tenis Tinju lama, Muay Thai, kickboxing, selancar angin, renang, e-sports, catur, menembak, dan bulu tangkis.

“Sektor olahraga menyaksikan dalam beberapa tahun terakhir, lompatan kualitatif, yang jelas berkontribusi pada pertumbuhan sektor ini sebesar 170 persen dalam tiga tahun terakhir. Di samping peningkatan jumlah warga yang berlatih olahraga secara teratur sekitar 19 persen.  Nilai sektor ini meningkat menjadi SR 6,5 mliar,” kata Menteri Olahraga Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al-Faisal dalam upacara virtual.

“Kami mengundang dunia untuk bermitra dengan kami dalam perjalanan transformasi olahraga kami.  Semangat luar biasa negara kita untuk olahraga sudah dikenal luas dan karena semakin banyak yang aktif dan terlibat dalam olahraga, peluang ekonominya menarik,"tambahnya.

Nafes diaebutnya adalah undangan kepada mitra luar negeri untuk mendorong investasi olahraga ke tingkat berikutnya dan untuk berkolaborasi di seluruh klub, akademisi, dan pusat olahraga Arab Saudi. "Ini adalah titik balik untuk sektor olahraga Kerajaan.  Pesan kami kepada investor dan sektor swasta baik di Arab Saudi dan di seluruh dunia adalah langsung dan jelas, bangun klub Anda, bersaing, dan tarik jalur investasi olahraga Saudi di masa depan," jelasnya.

“Platform ini akan menjadi titik balik dalam industri olahraga di Kerajaan, karena memberikan kesempatan bagi sektor swasta untuk berinvestasi dalam olahraga, dan berkontribusi pada pertumbuhan dan kemakmurannya. Dengan memperoleh lisensi yang diperlukan untuk mendirikan klub, akademisi, dan pusat kebugaran,"tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

 

 

BERITA TERKAIT