Selasa 22 Jun 2021 23:03 WIB

Teguran untuk Nabi yang Diungkap Surat 'Abasa

Abasa merupakan surat ke-80 dalam Alquran yang terdiri dari 42 ayat .

Alquran
Foto: Republika/Yasin Habibi
Alquran

IHRAM.CO.ID, 'Abasa merupakan surat ke-80 dalam Alquran yang terdiri dari 42 ayat dan tergolong Surat Makiyyah (turun di Mekah). Di pembukaan, kita diperlihatkan 2 model manusia yang dihadapi Nabi.

Pertama seorang yang dianggap hina. Mereka yang miskin, cacat, tapi mendapat kemuliaan di sisi Allah.  Kedua, Nabi dihadapkan pada sosok bangsawan, kaya, terhormat, tetapi belum atau tidak beriman kepada Allah. Inilah yang dihadapi orang dai yang mensyiarkan Islam.

Baca Juga

Surat ini dibuka dengan teguran. Rasulullah ditegur langsung oleh Allah pada peristiwa dimana dia sedang fokus dalam dialog bersama pembesar Suku Quraisy. Mereka sosok yang punya kedudukan dan berpotensi besar dalam mempengaruhi banyak orang jika nantinya masuk Islam. Namun di saat yang sama ada seorang hamba yang dikenal rewel sekaligus miskin tetapi punya semangat yang besar sekali sebagai seorang muslim datang meminta perhatiannya.

Di lingkungan kita saat ini, mereka yang punya jabatan, kaya, dan berpengaruh mendapat kemudahan dalam dakwah. Mereka orang-orang yang lebih disukai, banyak didekati dibanding kelompok orang yang miskin, masyarakat biasa, walau semangatnya besar dalam dakwah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement