Rabu 23 Jun 2021 06:09 WIB

Daerah Diminta Tingkatkan Kualitas Penanganan Pasien Covid

Daerah diminta menerapkan early over treatment.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Satgas meminta daerah menerapkan early over treatment guna mengantisipasi lonjalan kasus Covid-19.
Foto: Satgas Covid-19.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Satgas meminta daerah menerapkan early over treatment guna mengantisipasi lonjalan kasus Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta daerah agar meningkatkan kualitas penanganan pasien Covid-19 di fasilitas rujukan.

Berdasarkan rekomendasi dari lima organisasi profesi kedokteran yakni Perdatin, PDPI, PAPDI, IDAI, dan PERKI, strategi yang harus dilakukan di tengah tingginya kasus saat ini yakni dengan menerapkan early over treatment. Yakni di mana pasien rumah sakit yang sudah mengalami perbaikan gejala dapat segera dirujuk untuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga

Hal ini dilakukan agar kapasitas rumah sakit menjadi lebih besar dan mampu menampung pasien dengan gejala sedang hingga berat.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, daerah juga dapat melakukan konversi tempat tidur rumah sakit atau menyediakan fasilitas isolasi terpusat di masing-masing wilayah. Hal itu agar beban dapat terbagi dan rumah sakit tidak kewalahan menangani pasien.

"Apabila seluruh provinsi-provinsi ini mampu menurunkan penambahan kasus positif dan meningkatkan kesembuhan, maka dapat mendongkrak angka kesembuhan di tingkat nasional pula," ujar Wiku dalam siaran pers yang diterima, Selasa (22/6).

Sebelumnya, lima organisasi kesehatan di Indonesia memperingatkan lonjakan kasus yang terjadi akan membuat rumah sakit kewalahan. Jika itu terjadi, risiko kematian juga akan semakin meningkat bila pemberlakuan pembatasan sosial tidak dilakukan dengan ketat.

Kelima organisasi profesi kedokteran yakni Perdatin, PDPI, PAPDI, IDAI, dan PERKI pun mengeluarkan lima rekomendasi. Pertama, meminta pemerintah pusat memberlakukan PPKM secara menyeluruh dan serentak, khususnya di Jawa.

Kedua, meminta pemerintah memastikan implementasi PPKM dijalankan secara maksimal. Ketiga, meminta pemerintah agar mempercepat pelaksanaan program vaksinasi nasional sesuai standar.

Keempat, meminta seluruh pihak agar lebih waspada terhadap varian baru yang lebih mudah menyebar, lebih memperberat gejala, dan juga lebih meningkatkan kematian. Kelima, meminta masyarakat agar selalu mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan tidak bepergian jika tidak mendesak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement