Kamis 24 Jun 2021 14:01 WIB

PBB: Iran Eksekusi 95 Orang pada 2021

Iran dilaporkan telah mengeksekusi sedikitnya 95 orang, termasuk 6 wanita pada 2021

Pria berjalan dengan latar mural bendera Iran.
Foto: EPA
Pria berjalan dengan latar mural bendera Iran.

IHRAM.CO.ID, JENEWA -- Pemerintah Iran dilaporkan telah mengeksekusi sedikitnya 95 orang, termasuk enam wanita pada 2021 ini. Sementara tahun lalu, Iran mengeksekusi setidaknya 267 orang, termasuk sembilan wanita.

Dilansir dari Alarabiya, laporan ini dijelaskan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet, Selasa (22/6). Dia berbicara pada sesi Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa saat mempresentasikan laporan tentang hak asasi manusia di Iran.

"Lebih dari 80 pelanggar anak berada di hukuman mati, dengan setidaknya empat orang berisiko dieksekusi dalam waktu dekat. Sekretaris Jenderal terus sangat prihatin dengan meluasnya penggunaan hukuman mati dan penerapan sewenang-wenang untuk berbagai tindakan yang menurut hukum internasional bukan merupakan kejahatan paling serius," katanya.

"Hukuman mati sering dijatuhkan berdasarkan pengakuan paksa yang diambil melalui penyiksaan atau setelah pelanggaran serius terhadap hak atas pengadilan yang adil,” tambahnya.

Laporan tersebut menemukan bahwa para tahanan juga menjadi sasaran penganiayaan dan intimidasi, serta penggunaan sel isolasi yang diperpanjang sebagai hukuman dan untuk mencegah penyebaran informasi ke dunia luar.

“Para pengunjuk rasa, pembela hak asasi manusia, pengacara, aktor, masyarakat sipil terus mengalami intimidasi. Penahanan sewenang-wenang dan penuntutan pidana, termasuk hukuman mati,” katanya.

Iran dikatakan secara obsesif mengeksekusi terpidana mati meskipun ada penurunan dukungan publik untuk hukuman mati.hak mengatakan Selasa ketika mereka merilis laporan tentang hukuman mati di negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement