Kamis 24 Jun 2021 23:29 WIB

Kalbar Catat Sejarah Panen Padi Empat Kali Setahun

Poktan Sambas Kalbar terapkan IP 400 hasilkan panen empat kali dalam setahun

Panen raya di Provinsi Kalimantan Barat.
Foto: Kementan
Panen raya di Provinsi Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kelompok Tani (Poktan) Dare Nandung 1 Semparuk, Kabupaten Sambas melakukan panen perdana padi dengan Indeks Pertanaman (IP) 400 yang sekaligus menjadi sejarah bahwa Kalimantan Barat bisa menanam padi dengan panen empat kali dalam satu tahun.

"Varietas padi yang ditanam Cakra Buana dengan tanam dan panen empat kali setahun. Untuk tahap pertama kami sudah panen," ujar Ketua Poktan Dare Nandung 1, Sukiman saat dihubungi di Sambas, Kamis (24/6). IP 400 adalah cara tanam dan panen empat kali dalam satu tahun pada lahan yang sama.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar Florentinus Anum mengatakan, IP400 merupakan satu di antara kegiatan intensifikasi pertanian yang terus di laksanakan.

"Program ini terus kita kembangkan dan kita sosialisasikan kepada masyarakat petani di daerah ini. Tahun 2021 Program lP400 kita laksanakan program di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Sambas seluas 50 Ha dan Kabupaten Landak seluas 50 Ha, bahkan sudah ada masyarakat petani menerapkan lP 400 secara swadaya/mandiri seluas 25 Ha di Desa Semparuk Kecamatan Semparuk Kabupaten Sambas. Harapannya lebih banyak lagi masyarakat tani bisa berswadaya untuk meningkatkan produksi melalui peningkatan lP tersebut,"kata dia.

Pihaknya sangat berkomitmen dalam upaya menjadikan daerah ini swasembada beras (surplus) dan swasembada berkelanjutan. Swasembada beras di Kalimantan Barat dan kesejahteraan petani ini sesuai visi dan misi gubernur yang sangat berharap masyarakat bisa sejahtera melalui peningkatan produksi sektor pertanian.

"Strategi kebijakan yang diterapkan yakni terus melaksanakan intensifikasi pertanian terhadap lahan-lahan potensi yang ada, misalnya Lahan Baku Sawah (LBS) seluas 242.972 Ha (ATR BPN) dan lahan potensi kering lainnya," kata dia.Varietas yang digunakan dalam IP400 adalah genjah Cakra Buana umurnya hanya 105 hari. Produktivitas panen padi mencapai 5 ton/Ha.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement