Anjuran Sholat Istikharah Sebelum Berangkat Haji dan Umroh

Jumat , 25 Jun 2021, 06:23 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Anjuran Sholat Istikharah Sebelum Berangkat Haji dan Umroh. Foto: Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).
Anjuran Sholat Istikharah Sebelum Berangkat Haji dan Umroh. Foto: Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Calon jamaah haji maupun umroh perlu melaksanakan sholat Istikharah sebelum berangkat. Sholat istikharah itu dilakukan untuk meminta diberi petunjuk dengan siapa sebaiknya melakukan perjalanan ke Baitullah itu.

 

Terkait

KH Mohammad Hidayat dalam bukunya 'Ensikloped Haji dan Umrah' mengatakan, ibadah haji itu sendiri tidak perlu istikharah. Karena berangkat haji itu merupakan perkara wajib bagi yang mampu dan pertama kali menunaikannya dan sunnah setelah itu.

Baca Juga

"Sholat istikharah itu dianjurkan untuk bepergiannya. Siapa teman perjalaan kendaraan dan sejenisnya," kata KH Mohamad Hidayat.

Maka dari itu penting melaksanakan sholat sunah istikhara dua rakaat. Setelah selesai lalu berdoa.

Berikut doa yang direkomendasikan:

"Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan kepada engkau dengan ilmu Engkau, dan memohon kemampuan kepada Engkau dengan Qudrah (kekuasaan). Aku memohon kepada Engkau sebagian dari karunia engkau yang agung. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak berdaya."

"Engkau Maha Tahu sementara aku bodoh dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib. Jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebutkan hajat dan keperluan) adalah baik untuk agamaku, kehidupan dan kesudaham perkaraku di dunia dan akhirat maka, tetapkanlah Iya untuk aku dan mudahkanlah ia bagiku, lalu berkahilah ia."

"Dan jika engkau mengetahui bahwa perkara ini buruk untuk aku menyangkut agamaku, kehidupanku dan kesudahan perkaraku dunia dan akhirat maka jauhkanlah aku darinya dan hindarkanlah dia dari aku, serta tetapkanlah bagiku di manapun, lalu ridhailah aku dengannya." (HR Bukhari dari Jabir Ra).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini