Jumat 25 Jun 2021 06:40 WIB

Perbaikan Niat Termasuk Etika Haji dan Umroh

Perbaikan Niat Termasuk Etika Haji Umroh.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Perbaikan Niat Termasuk Etika Haji dan Umroh. Foto: Jamaah haji mengelilingi Ka
Foto: AP/Amr Nabil
Perbaikan Niat Termasuk Etika Haji dan Umroh. Foto: Jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Niat yang benar termasuk etika terpenting dalam pelaksanaan haji umrah. Niat yang benar yaitu dengan mengikhlaskannya semata-mata karena Allah SWT.

"Dan membersihkannya dari berbagai kotoran riya atau keinginan meraih kedudukan terhormat di masyarakat," kata KH Mohamad Hidayat dalam bukunya 'Ensiklopedi Haji dan Umrah'.

Baca Juga

Niat benar itu ikhlas karena Allah, maka kelebihan dan biaya yang dikeluarkan nya akan mendapat pahala. Sebaliknya jika tidak ikhlas, maka tenaga dan harta yang dikorbankan menjadi bencana baginya.

"Karena amal yang dikerjakan Karena manusia bukan karena Allah itu syirik, ementara ikhlas dalam ibadah hukumnya wajib," katanya.

KH Mohamad Hidayat tentang keharusan memperbaiki niat berangkat haji atau umrah  Allah Azza wa Jalla dalam surah Az-Zumar ayat 5 berfirman.

"Maka beribadahlah kepada Allah dengan mengikhlaskan Din (agama) kepada-Nya."

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda. "Sesungguhnya amal itu tergantung niat dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkan.. " (HR. Bukhari dan Muslim dari Umar Bin Khattab Ra).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement