Arsitektur Arab Saudi Terinspirasi Istana di Riyadh

Jumat , 25 Jun 2021, 08:02 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Masjid bersejarah d Riyadah
Masjid bersejarah d Riyadah

IHRAM.CO.ID, RIYADH --- Kementerian Kebudayaan Arab Saudi membuat terobosan baru untuk mendorong sektor desain dan arsitektur Arab Saudi semakin berkelas. Ini dilakukan dengan memberdayakan para desainer dan arsitek berbakat.

 

Terkait

Seperti dilansir Arab News pada Jumat (25/6), Otoritas Arsitektur dan Desain Kementerian Kebudayaan Arab Saudi meluncurkan strategi Murabba yang mengambil nama dari istana bersejarah di Riyadh.

Desain blueprint strategi Murabba mencerminkan ambisi otoritas Arab Saudi untuk menghadirkan inovasi pada arsitektur Arab Saudi yang melampaui batas tradisional, dan melayani anggota sektor melalui berbagai inisiatif dan program.  

CEO Otoritas Arsitektur dan Desain Arab Saudi, Sumaya Al Sulaiman mengatakan bila strategi tersebut akan mengembangkan sektor arsitektur dan membantu anggotanya memenuhi aspirasi Kementerian Kebudayaan yang dipimpin oleh Menteri Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan. 

“Strategi ini mencakup berbagai tema dan aspek, seperti aspek sosial dan peraturan, serta mendukung dan memungkinkan lingkungan pendidikan dan praktis. Ini jugaterkait dengan sektor yang ditargetkan, bersama dengan serangkaian inisiatif dan program yang ditujukan untuk mendukung arsitek dan desainer di seluruh dunia,” katanya.

Dengan slogan 'the north star', strategi Kementerian Kebudayaan telah menetapkan visi dan misinya untuk mencerminkan tujuan utamanya.

Otoritas arsitektur dan desain Arab Saudi juga telah menguraikan visinya tentang sektor ini yang didefinisikan sebagai ekspresi kreatif dalam merancang lingkungan binaan. Selain itu untuk mengkomunikasikan ide-ide dan produknya dengan nilai estetika dan fungsional, serta mencakup disiplin arsitektur, desain interior, perencanaan kota. Dan pula terkait dengan desain, arsitektur lansekap, desain grafis, dan desain industri, serta semua aktivitas, profesi, produk, dan layanan yang terkait dengan praktik tersebut.  

Strategi tersebut mencakup beberapa tujuan strategis. Hal itu mengembangkan sektor dengan mempromosikan integrasinya, berkontribusi pada produk untuk pendapatan negara, membangun keterampilan dan bakat profesional saat ini dan masa depan.

Pada sisi lain, adanya acuan desain tersebut ditujukan agar memperoleh pengakuan global bagi Arab Saudi. Otoritas tersebut merencanakan 33 inisiatif yang termasuk dalam enam program untuk mencapai tujuan strategisnya, yang akan dilaksanakan dalam lima tahun ke depan. Program pertama, berjudul peraturan sektor arsitektur dan desain, berfokus pada penetapan pedoman, undang-undang dan peraturan praktik komersial dan profesional di sektor ini dan mencakup dua inisiatif.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini