Psikolog: Perlu Ubah Konsep Liburan Saat Lonjakan Covid-19

Jumat , 25 Jun 2021, 16:19 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Liburan/ilustrasi
Liburan/ilustrasi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Orang tua dinilai perlu menumbuhkan kesadaran kepada anak bahwa protokol kesehatan wajib dipatuhi dan menjadi bagian dari gaya hidup.Orangtua juga bisa menerangkan konsep liburan gaya baru yang tidak harus berada di luar rumah.

 

Terkait

"Begitu juga menjaga jarak terutama konsep liburan yang disesuaikan tidak harus beramai-ramai, tetap di rumah, atau kalaupun terpaksa keluar rumah hindari kerumunan atau tempat ramai" ujar Psikolog klinis anak dan remaja dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia (UI),Andini Sugeng saat dihubungi ANTARA pada Jumat (25/6).

Baca Juga

Pandemi Covid-19 telah berjalan selama lebih dari satu tahun. Menurut Andini, sudah semestinya anak-anak mengerti tentang protokol kesehatan dan juga pentingnya untuk selalu berada di rumah guna menghindari virus corona.Sebagian besar keluarga sudah memiliki kesadaran akan risiko yang ditimbulkan dari berlibur di tengah pandemi, namun di sisi lain, kebutuhan akan liburan dan beristirahat dari segala rutinitas, tetap berusaha untuk dipenuhi.

Untuk itu, orang tua diharapkan tidak bosan untuk menerangkan kepada anak-anak tentang bahaya liburan di tengah kasus COVID-19 yang terus melonjak. Orang tua pun berperan untuk memodifikasi kegiatan libur di rumah agar anak tidak bosan.