Jumat 25 Jun 2021 21:24 WIB

Mojokerto Siapkan Puskesmas untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bahaya varian COVID-19 yang terus bermutasi dalam berbagai jenis.

Mojokerto Siapkan Puskesmas untuk Isolasi Pasien Covid-19 (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Mojokerto Siapkan Puskesmas untuk Isolasi Pasien Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MOJOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menyiapkan sejumlah puskesmas sebagai lokasi isolasi pasien COVID-19 di daerah itu.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan beberapa puskesmas tersebut, antara lain Puskesmas Gayaman, Lespadangan, Kupang, Jetis, Dawarblandong, Bangsal, danPuri. "Dalam sepekan terakhir bulan Juni 2021 ini, kami terjun ke beberapa puskesmas isolasi COVID-19 Kabupaten Mojokerto untuk mengevaluasi data informasi, langsung dari para surveilans kesehatan," katanya, Jumat (25/6).

Ia mengatakan tujuan utama evaluasi langsung ini untuk menggali semua informasi ("testing dan tracing"), secara detail hingga unit-unit terkecil. Dengan demikian, penyebab penularan akan cepat diketahui, guna menentukan langkah penanganan secara cepat dan paling tepat ("treatment"). "Tujuan kami ke sini adalah untuk mendengarkan dan meminta laporan langsung tim surveilans COVID-19," katanya.

Ia menekankan bahaya varian COVID-19 yang terus bermutasi dalam berbagai jenis. Oleh karena itu, dirinya tidak lelah mengingatkan semua warga agartetap mengutamakan protokol kesehatan 5M, meskipun telah mendapat vaksin pencegahan COVID-19.

Terkait zonasi dan kaitannya dengan teknis PPKM Mikro, ia menjelaskan bahwa data yang digunakan dari RT. Jika ada seseorang yang terkonfirmasi positif dan melakukan isolasi mandiri, ia menginstruksikan tim satgas COVID-19 setempat terus memantau secara ketat.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement