Jumat 25 Jun 2021 23:35 WIB

Banten Siapkan 107 RS Rujukan Covid-19

Jumlah ranjang akan selalu kurang selama upaya pencegahan kurang.

Banten Siapkan 107 RS Rujukan Covid-19
Foto: Antara/Umarul Faruq
Banten Siapkan 107 RS Rujukan Covid-19

IHRAM.CO.ID, SERANG -- Pemprov Banten menyiapkan 107 rumah sakit (RS) milik pemerintah dan swasta untuk dijadikan sebagai rujukan penanganan pasien Covid-19.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan sudah mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 seperti yang sekarang terjadi ini ketika kebijakan pelonggaran diberlakukan. "Makanya saat itu saya juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada seluruh direktur RS baik yang rujukan Covid-19 maupun tidak untuk menyediakan tempat tidur bagi pasien Covid-19 sebanyak 30 persen dari jumlah keseluruhan," kata Ati, Jumat (25/6).

Baca Juga

Beberapa hari ini, ia sedang keliling untuk memastikan setiap RS menyediakan tempat dengan baik. "Ini diwajibkan kepada seluruh RS yang ada di Banten," katanya.

Namun demikian, tidak semua RS bisa dijadikan sebagai rujukan pasien Covid-19. Ada beberapa RS yang memang dikecualikan seperti RS ibu dan anak serta RS THT.

 

"Dari total RS yang ada di Banten sebanyak 116, yang untuk Covid-19 ada sekitar 107 RS," katanya.

Namun berapa pun jumlah ranjang yang disediakan, jika persoalan hulunya atau pencegahannya tidak dilakukan itu tidak akan menyelesaikan persoalan. "Awalnya kami menyediakan 500, dan sekarang sudah sampai 4.800 ranjang yang disediakan. Jumlah itu pasti akan selalu kurang karena kalau penanganannya tidak dari hulu, ini tidak akan selesai," kata dia.

Apalagi ada Covid-19 varian baru yang sudah masuk ke Banten, yakni delta B1.67.2. "Virus varian baru ini penularannya cepat sekali dan tingkat keganasannya juga cukup tinggi serta menimbulkan tingkat kematian yang tinggi juga," kata Ati.

Ati mengimbau salah satu upaya pencegahan adalah menerapkan 5 M dalam aktivitas sehari-hari."Tanpa itu, pasti akan cepat menular," kata Ati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement