Kamis 01 Jul 2021 01:56 WIB

Kemenag Kaltara Imbau Penerapan Prokes Jelang Idul Adha

Kemenag mendorong penerapan protokol kesehatan secara ketat

Hewan Kurban
Foto: Kementan
Hewan Kurban

IHRAM.CO.ID, TARAKAN -- Kemenag Kalimantan Utara mendorong penerapan protokol kesehatan secara ketat jelang Idul Adha dan pelaksanaan kurban di masa pandemi Covid-19 pada 20 Juli 2021.

"Upaya tersebut dengan mensosialisasikan secara masif SE (Surat Edaran) Menag RI No.15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dan pelaksanaan kurban di masa pandemi Covid-19 di Kemenag kabupaten/kota," kata Kepala Kanwil Kemenag Kaltara Saifi di Tanjung Selor, Rabu (30/6).

Menurutnya keberhasilan pelaksanaan prokes secara ketat tentu harus didukung semua organisasi dan lapisan masyarakat, termasuk tokoh agama. Saifi menginginkan masyarakat Kaltara, khususnya umat muslim dapat menjadikan SE ini sebagai panduan penyelenggaraan ibadah Idul Adha, termasuk dalam pelaksanaan kurban.

"Sebagaimana kita ketahui, Menteri Agama telah mengeluarkan edaran tentang penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Idul Adha. Mulai dari shalat, pemotongan qurban, sampai takbiran," ujar Saifi.

Ia menginginkan SE ini harus tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat sehingga butuh kerja ekstra dari jajaran ASN dalam sosialisasi dengan pendekatan persuasif.

"Sejauh mana kesiapan di lapangan, serta sosialisasi yang sudah dilakukan. Sehingga persiapan Idul Adha sudah maksimal di tengah pandemi Covid-19," tegasnya.

Tak hanya sekadar sosialisasi, Kakanwil bahkan secara langsung menginstruksikan kepada jajaran Kemenag untuk membangun koordinasi dengan para pihak.

"Supaya sosialisasi ini berjalan baik, kita buat jadwal. Misalnya dengan pertemuan stakeholder terkait. Termasuk dengan pemerintah daerah yang paling utama," kata Saifi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement