Kamis 01 Jul 2021 12:58 WIB

Masjid Salman ITB Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Masjid Salman ITB gelar pelatihan penyembelihan halal hewan kurban di masa pandemi

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Umat muslim melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di selasar Masjid Salman ITB
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Umat muslim melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di selasar Masjid Salman ITB

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Salman ITB menggelar Pelatihan Penyembelihan Halal Hewan Kurban di Masa Pandemi, Kamis (1/7) secara virtual untuk seluruh DKM di Indonesia. Pelatihan tersebut diikuti sekitar 500 peserta se Indonesia.

Menurut Ketua Halal Center Salman ITB, Prof Apt Muhammad Ibrahim, pelatihan ini digelar untuk memberikan edukasi terkait penyembelihan hewan kurban yang tepat di masa pandemi. Muhammad mengatakan, saat ini virus Covid-19 masih menghantui tapi niat dan semangat ibadah masyarakat jangan terbebani. Meskipun ada beberapa akses ke tempat ibadah yang sekarang terbatas, tapi ibadah masih bisa dimaksimalkan. Salah satunya yakni ibadah dengan berkurban sebagai ibadah yang menjadi bentuk pengorbanan dan ketaqwaan seorang muslim. Menurutnya, daging kurban yang halal dan dibagikan juga menjadi aliran kebaikan.

"Dari makanan lah manusia mendapat energi untuk tumbuh berkembang. Komponen utama makanan adalah protein yang diperoleh dari hewan ternak halal. Wajib disembelih secara halal. (Oleh karena itu) ketika ibadah kurban, penyembelihan harus dilakukan sesuai syariat agar halalan tayyiban," ujar Muhammad Ibrahim.

Oleh karena itu, kata dia, Masjid Salman ITB memiliki tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan rujukan pelaksanaan kurban. Masjid Salman ITB, kata dia, merasa perlu memberikan edukasi mengenai berbagai pertanyaan yang diajukan masyarakat khususnya para Juru Penyembelih Halal. Misalnya, bagaimana tata cara atau mekanisme yang bisa digunakan secara aman, sehat, dan tetap sesuai dengan syariat.

"Pelatihan seperti ini telah ada sejak tahun 2012, tahun ini pelatihan diupayakan tetap mengedukasi meski terbatas tatap muka karena pandemi," katanya.

Acara ini tidak hanya diperuntukkan bagi para Juru Penyembelihan Halal, tetapi juga para DKM seluruh masjid di Indonesia. Muhammad Ibrahim menjelaskan, agar terwujudnya harapan edukasi penyembelihan kurban, sebelum webinar ini dilaksanakan telah dilakukan pembuatan video praktik sembelih hewan kurban berstandar SNI. Selama pengambilan video, proses sembelih hewan kurban diawasi langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, pada Sabtu, 19 Juni 2021 lalu. Praktik ini dilaksanakan di Masjid Salman ITB.

Sementara dalam kesempatan webinar kali ini, hadir berbagai pembicara yakni, Drh. Supratikno, M.Si., PAVet sebagai pakar kedokteran hewan yang aktif di Pusat Kajian Halal IPB, Ustadz Andri Mulyadi (Manager Bidang Dakwah YPM Salman ITB) dan Vita Andrianty (Group Head - Funding, Hajj & Umra Group Bank Syariah Indonesia).

"Alhamdulillah acara ini dapat terselenggara atas dukungan berbagai pihak. Penyelenggara berharap dengan adanya acara ini, masyarakat khususnya para Juru Penyembelih Halaldan DKM bisa mengawasi sekaligus menerapkan tata laksana kurban yang tepat meski di tengah pandemi," papar Muhammad Ibrahim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement