Senin 05 Jul 2021 14:32 WIB

Polda Jabar akan Tindak Tegas Penimbun Tabung Oksigen

Penimbunan tabung oksigen menyangkut urusan perdagangan dan kejahatan kemanusiaan.

Polda Jabar akan Tindak Tegas Penimbun Tabung Oksigen. Karyawan yang mengenakan masker pelindung mengisi ulang tabung oksigen. Ilustrasi
Foto: The Bangkok Post
Polda Jabar akan Tindak Tegas Penimbun Tabung Oksigen. Karyawan yang mengenakan masker pelindung mengisi ulang tabung oksigen. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan akan menindak tegas penimbun tabung oksigen. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan praktik penimbunan tabung oksigen menyangkut urusan perdagangan dan kejahatan kemanusiaan.

"Namun semua itu akan berposes. Kita lihat terlebih dahulu penimbunan dengan alasan apa dan izinnya bagaimana. Tentu itu akan diproses dan kalau terbukti akan ditindak tegas," kata Erdi, Senin (5/7).

Baca Juga

Dia mengatakan saat ini Polda Jawa Barat melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus terus mendata distributor tabung oksigen sehingga suplai tabung oksigen dari para distributor dapat terawasi agar tidak ada upaya penimbunan. Meski begitu, ia menilai saat ini belum marak upaya penimbunan tabung oksigen.

Stok tabung oksigen mulai menipis karena kebutuhan untuk pasien Covid-19 meningkat dengan tidak terduga. "Butuh waktu untuk pengadaan oksigen. Kami sudah mendata para distributor untuk melihat apakah ada ketersediaan stok atau tidak," kata Erdi.

Selain mewaspadai penimbunan, ia meminta masyarakat mewaspadai tabung oksigen palsu karena saat kebutuhan oksigen meningkat diperkirakan ada upaya pemalsuan. "Harus waspada pada situasi begini. Orang hanya berpikir membutuhkan oksigen tanpa melihat bagaimana kemasan dan memperolehnya," kata Erdi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement