Jumat 16 Jul 2021 19:17 WIB

Gambaran Para Sahabat Rasulullah

Para sahabat nabi juga memiliki akhlak yang terpuji

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Rasulullah SAW. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Hasan Bashri merupakan seorang ulama yang dilahirkan di Madinah pada 21 Hijrah (642 Masehi). Ia terkenal dengan kezuhudannya dan ketaatannya kepada Allah Swt. Nasihat-nasihatnya bertebaran di sejumlah buku yang ia karang.

Suatu ketika, Hasan Bashri pernah ditanya, “Ceritakanlah kepada kami tentang gambaran para sahabat Rasullah Saw.”

Hasan Bashri menangis kemudian berkata, mereka menampakkan tanda-tanda kebaikan dalam watak dan perilaku orang-orang baik, seperti jujur, memakai pakaian yang kasar karena hemat, berjalan dengan rendah hati, berkata dengan perbuatan, serta makan dan minum dari rezeki yang baik.

Selain itu, menurut dia, para sahabat nabi juga taat kepada Tuhan dan patuh kepada kebenaran, baik suka maupun tidak, serta memberi hak dari diri mereka sendiri.

“Tengah hari mereka kehausan, tubuh mereka kurus. Mereka menganggap enteng kemarahan makhluk demi meraih ridha Sang Khalik,” kata Hasan Bashri dalam buku berjudul Tenangkan Pikiran & Hatimu Setiap Saat (2019, Wali Pustaka).

Menurut Hasan Bashri, para sahabat nabi juga tidak berlebihan saat marah, tidak sewenang-sernang dalam kezaliman, dan tidak melampaui hukum Allah dalam Alqur’an.

“Mereka sibukkan lidah dengan berdzikir. Mereka curahkan darah ketika dimintai pertolongan dan mereka curahkan harta saat dimintai pinjaman. Tidak terhalang oleh rasa takut terhadap makhluk,” jelasnya.

Hasa Bashri menambahkan, para sahabat nabi juga memiliki akhlak yang terpuji, makanan mereka ringan, dan sedikit dunia sudah cukup bagi mereka untuk menuju akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement