Sabtu 17 Jul 2021 04:20 WIB

Jamaah Haji Arab Saudi Mulai Menuju Jeddah

Jamaah haji dari seluruh wilayah Arab Saudi menuju Jeddah.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji melakukan tawaf masa pandemi
Foto: saudi Gazette
Jamaah haji melakukan tawaf masa pandemi

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Jamaah haji dari seluruh wilayah Arab Saudi telah mulai melakukan perjalanan ke kota Jeddah sebagai langkah awal perjalanan mereka. Dari wilayah itu, operator perjalanan akan membawa mereka ke Mekkah untuk memulai ibadah tahunan Umat Islam ini.

Dilansir dari Alarabiya English, Jumat (16/7), sebelum pandemi, jutaan Muslim dari seluruh dunia akan berduyun-duyun ke Arab Saudi untuk melakukan ritual ibadah Islam ini. Namun Kerajaan saat ini membatasi jamaah haji menjadi 60.000 orang dan hanya bagi yang tinggal di negara itu sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona.

Baca Juga

Permohonan izin haji juga dibatasi untuk mereka yang berusia 18 hingga 65 tahun, orang-orang yang telah divaksin Covid-19, tidak menderita penyakit kronis dan mereka yang akan melakukan ibadah ini untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, pada tahun 2020, hanya 10.000 warga dan penduduk Arab Saudi yang diizinkan untuk menunaikan ibadah haji ini. Musim haji akan dimulai pada 17 Juli hingga 22 Juli. Ritual ini merupakan ritual bagi setiap Muslim yang mampu melaksanakannya dan menjadi rukun Islam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement