Sabtu 17 Jul 2021 08:47 WIB

Jamaah Haji Mulai Melakukan Perjalanan ke Jeddah

Jamaah Haji Mulai Melakukan Perjalanan ke Kota Jeddah

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Calon jamaah haji  tiba di Bandara King Abdulaziz untuk naik haji ke Mekah di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (25/7/2020).
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Calon jamaah haji tiba di Bandara King Abdulaziz untuk naik haji ke Mekah di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (25/7/2020).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Arab Saudi telah menyiapkan segalanya dalam menyambut para jamaah haji tahun ini. Jamaah haji dari seluruh wilayah Arab Saudi telah mulai melakukan perjalanan ke kota Jeddah, di mana petugas akan membawa mereka ke Makkah untuk melakukan ritual haji.

Dilansir dari Alarabiya, Sabtu (17/7), Arab Saudi membatasi jumlah jamaah haji tahun ini hanya 60 ribu orang. Sedangkan sebelum pandemi, jutaan Muslim dari seluruh dunia akan berduyun-duyun ke Arab Saudi untuk melakukan ritual haji.

Baca Juga

60 ribu jamaah haji ini merupakan warga negara dan pendatang yang tinggal di Saudi. Dari segi usia pun, jamaah dibatasi dari usia 18 tahun hingga 65 tahun.

Peserta haji juga harus mereka yang telah menerima vaksin Covid-19, mereka yang tidak menderita penyakit kronis, dan mereka yang akan melakukan ritual untuk pertama kalinya.

Selama melaksanakan ritual haji, jamaah diharuskan menjaga protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak. Ketentuan ini merupakan upaya kerajaan dalam pencegahan penyebaran virus corona di antara para jamaah.

Musim haji akan dimulai pada 17 Juli hingga 22 Juli. Ibadah Haji merupakan ritual bagi setiap Muslim yang sehat dan mampu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement