Sabtu 17 Jul 2021 17:19 WIB

Jamaah Haji Tiba di Masjidil Haram untuk Tawaf Qudum

Pelaksanaan haji dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Pelaksanaan haji dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ilustrasi haji masa pandemi Covid-19
Foto: AP/Amr Nabil
Pelaksanaan haji dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ilustrasi haji masa pandemi Covid-19

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Jamaah haji 2021 mulai berkumpul di Masjidil Haram, Makkah, secara bertahap. Mereka yang dijadwalkan mulai melakukan haji hari ini (17/7), telah melakukan tawaf qudum atau tawaf kedatangan. 

Dilansir di Arab News, Sabtu (17/7), pelaksanaan haji dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Jamaah sepanjang tawaf menggunakan masker dan melintas sesuai dengan tanda yang sudah dipasang.

Baca Juga

Pihak berwenang di Masjidil Haram juga mulai menyambut peziarah. Lebih dari 500 karyawan disiapkan untuk melayani mereka selama proses tawaf tersebut.

Di musim haji kali ini, Kerajaan Arab Saudi hanya mengizinkan 60 ribu penduduk yang sudah menerima dosis vaksin penuh untuk menjalankan ritual tahunan. Mereka berusaha mengulangi kesuksesan tahun lalu, yang tidak melihat penyebaran wabah virus selama ritual lima hari. 

 

Ratusan Muslim dikabarkan tiba di Stasiun Al Zaidi di Makkah, di mana lebih dari 200 bus akan membawa mereka ke halaman Kabah. Perjalanan mereka berlanjut setelah dilakukan pemeriksaan izin haji. 

Jelang musim haji, jamaah diminta mengunduh aplikasi seluler, Shaaer Smart Card. Di aplikasi ini, detail pribadi dan tempat tinggal seorang peziarah, serta aplikasi haji pintar mereka akan ditampilkan. 

Kartu Cerdas Shaaer juga terhubung dengan status kesehatan peziarah. Hal ini memungkinkan peziarah mendapatkan dan menilai layanan haji, mengakses berbagai transportasi di sekitar halaman Makkah dan sepanjang perjalanan haji mereka, serta mengakses gerbang pintar. 

Langkah-langkah jarak sosial akan diberlakukan setiap saat selama pelaksanaan haji untuk memastikan jamaah tidak tertular Covid-19. 

Kerajaan memanfaatkan robot yang ditempatkan di sekitar halaman Kabah untuk menyemprot pembersih sepanjang hari. Beberapa robot lain juga digunakan untuk membagikan air Zamzam bagi para peziarah dan pekerja. 

 

Sumber: arabnews 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement