Senin 19 Jul 2021 00:45 WIB

Doa Berangkat dan Masuk Arafah 

Sebaik-sebaiknya doa adalah doa meminta keridhaan Allah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Dwi Murdaningsih
Jamaah haji melakukan wukuf di Arafah.
Foto: Arabnews.com
Jamaah haji melakukan wukuf di Arafah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Hari Arafah yang bertepatan 9 Dzulhijjah merupakan waktu yang utama. Hari ini menjadi waktu pelaksanaan wukuf para jamaah haji.   

Nabi Muhammad SAW bersabda hari Arafah merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Sebaik-sebaiknya doa adalah doa meminta keridhaan Allah, hidayah dan keselamatan dunia dan akhirat.

Baca Juga

KH Mohammad Hidayat, MBA dalam bukunya Ensiklopedi Haji dan Umrah, menuliskan doa sebelum berangkat untuk menuju Arfah. Berikut lafaz latin doanya:

 

"Allahumma ilaika tawajjahtu wa ilaa wajhikal karim aradtu faj'al dzanbi maghfuuran, wajji mambruuran, warhamni wala tukhayyibni innaka ala kulli syaiin qadir."

 

Artinya: 

 

"Ya Allah aku menghadap kepada-Mu dan aku menginginkan kemurahan-Mu maka jadikanlah dosaku terampuni, hajiku diterima, kasihanilah aku dan jangan diabaikan permintaanku. Sesungguhnya Egkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

 

Selain merekomendasikan doa berangkat ke Arafah, KH Mohammad Hidayat, MBA juga merekomendasikan doa ketika masuk Arafah. Berikut lafaz latin doanya.

 

"Allahumma ilaika tawajjahtu wabika tashamtu wa'alaika tawakaltu, Allaahummaj'alnii mimman tubaahi bihil yauma malaaikatuka inna alaa kulli syaiin qadiir."

 

Yang artinya.

 

"Ya Allah hanya kepada Engkaulah aku menghadap, dengan Engkaulah aku berpegang teguh, pada Engkaulah aku menyerah diri. Ya Allah jadikanlah aku di antara orang yang hari ini yang Engkau banggakan di hadapan malaikat-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement