Selasa 20 Jul 2021 08:39 WIB

Beberapa Negara Timur Tengah Tidak Adakan Sholat Idul Adha

Beberapa Negara Timur Tengah Tidak Adakan Sholat Idul Adha

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Muhammad Hafil
Beberapa Negara Timur Tengah Tidak Adakan Sholat Idul Adha. Foto;  Bagian dalam Masjid Raya Kuwait
Foto: way4indians.com
Beberapa Negara Timur Tengah Tidak Adakan Sholat Idul Adha. Foto; Bagian dalam Masjid Raya Kuwait

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Sholat Idul Adha tidak diadakan di Mauritania, Maroko, Oman dan Tunisia sebagai tindakan pencegahan untuk membendung penyebaran COVID-19.  

Sementara itu, Mesir, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) dan Yordania mengadakan salat dengan tindakan pencegahan, termasuk membatasi waktu salat dan mengadakan khutbah di halaman terbuka.

Baca Juga

Ribuan jamaah bermasker yang melakukan haji tahunan berkumpul di Gunung Arafat pada hari Senin (19/7) untuk menebus dosa-dosa mereka, mengungkapkan harapan akan perdamaian dan berakhirnya pandemi COVID-19.  

Arab Saudi telah melarang jamaah dari luar negeri untuk tahun kedua berturut-turut dan telah membatasi masuk dari dalam kerajaan dalam kondisi khusus untuk menjaga dari virus corona dan varian barunya.

Hanya 60 ribu warga dan penduduk Saudi, berusia 18 hingga 65 tahun, yang telah sepenuhnya divaksinasi atau pulih dari virus dan tidak menderita penyakit kronis, dipilih untuk menjalankan haji.

"Ini adalah perasaan yang tak terlukiskan bahwa saya dipilih di antara jutaan orang untuk menghadiri haji. Saya berdoa agar Allah mengakhiri masa-masa sulit yang telah dialami seluruh dunia di bawah virus corona," kata Um Ahmed, seorang jamaah Palestina yang tinggal di ibu kota Saudi, Riyadh dan yang mengatakan dia kehilangan empat anggota keluarga karena virus, dilansir di Daily Sabah, Selasa (20/7).

Pada tahun-tahun sebelumnya, lebih dari dua juta jamaah digunakan untuk menutupi Jabal Rahmah di dataran Arafat, duduk berdekatan di panas terik kota gurun Mekah, membawa payung dan kipas angin agar tetap sejuk saat suhu naik menuju 40 derajat Celcius. 

Para jamaah haji tahun ini, mengenakan jubah putih yang menandakan keadaan suci, harus menjaga jarak sosial dan mengenakan masker di Gunung Arafat. Allah menguji iman Ibraham dengan memerintahkannya untuk mengorbankan putranya Ismail di sana.

Gunung Arafat juga merupakan tempat Nabi Muhammad memberikan khotbah terakhirnya.

"Doa yang pertama adalah memohon kepada Tuhan untuk mengangkat pandemi ini, kutukan ini dan kesedihan ini untuk seluruh umat manusia dan untuk umat Islam, sehingga di tahun-tahun berikutnya mereka dapat menghadiri haji dan jutaan untuk mengisi ulang tempat-tempat suci ini," kata Maher Baroody,  seorang jamaah asal Suriah.

Menurut Anadolu Agency (AA) sholat juga akan diadakan di Aljazair, Palestina, Libya dan Djibouti, sementara Bahrain mengatakan akan mengizinkan sholat di dalam satu masjid dengan jumlah jamaah terbatas. Suriah, Somalia, Sudan, Libanon, Yaman dan Komoro belum mengumumkan keputusan mereka untuk menyelenggarakan salat Idul Adha.

Sejak Desember 2019, pandemi telah merenggut lebih dari 4 juta nyawa di 192 negara dan wilayah, dengan lebih dari 190 juta kasus dilaporkan, menurut Universitas Johns Hopkins. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement