Kamis 22 Jul 2021 13:13 WIB

Konsulat India Rayakan 75 Tahun Haji dan Hubungan Dua Negara

Dubes India menyoroti catatan sejarah pengalaman haji dan umrah para peziarah India.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Jamaah haji mengelilingi Ka
Foto: AP/Amr Nabil
Jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Konsulat Jenderal India di Jeddah merayakan 75 tahun hubungan India-Saudi dan hubungan antar masyarakat, melalui pelaksanaan ibadah haji tahunan.

Sebagai bagian dari program acara yang berjudul, “Kenang-kenangan Haji: Menghargai 75 Tahun Persahabatan Indo-Saudi", para pejabat berpartisipasi dalam kegiatan yang berkaitan dengan ziarah tahunan dan relawan haji.

Melalui pesan video, Menteri Urusan Minoritas India Mukhtar Abbas Naqvi, mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, serta pemerintah Saudi, atas dukungannya dalam membantu otoritas India memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji asal negara tersebut.

Dilansir di Arab News, Kamis (22/7), Duta besar India untuk Arab Saudi Dr. Ausaf Sayeed, menyoroti catatan sejarah pengalaman haji dan umrah para peziarah India. Ia juga menyebut adanya pembangunan utama dan madrasah di Kerajaan yang juga mencerminkan hubungan antara kedua negara.

Di sisi lain, Konsul Jenderal India Mohammed Shahid Alam menunjukkan transformasi positif dalam pengaturan haji dalam beberapa tahun terakhir. Ia berterima kasih kepada otoritas Saudi atas kerja sama mereka dengan Konsulat India di Jeddah.

Presiden Yayasan Zakat India, Dr. Syed Zafar Mahmood, membagikan ingatannya ketika ia ditempatkan di Jeddah dan menangani operasional haji dari tahun 1988 hingga 1991. Ia mencatat ada perubahan menguntungkan yang telah terjadi dalam manajemen haji sejak saat itu.

Chief Executive Officer Komite Haji India, Dr. Maqsood Ahmed Khan, turut berbicara tentang sejarah dan pekerjaan komite, serta upaya yang mereka lakukan. Ia menyampaikan presentasi singkat terkait evolusi pengalaman haji para peziarah, termasuk perubahan pada dokumen perjalanan, visa dan mata uang.

Selama acara tersebut, pejabat senior dari Kementerian Haji dan Umrah Saudi berbagi cerita dan kenangan bekerja dengan misi haji India. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement