Sabtu 24 Jul 2021 12:34 WIB

Arab Saudi Luncurkan Pameran Sejarah

Saudi Luncurkan Pameran Sejarah

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Pusat Kebudayaan Dunia Raja Abdulaziz di Arab Saudi (Ithra) meluncurkan pameran seni Islam yang menampilkan keunikan masjid.
Foto: Al Arabiya
Pusat Kebudayaan Dunia Raja Abdulaziz di Arab Saudi (Ithra) meluncurkan pameran seni Islam yang menampilkan keunikan masjid.

IHRAM.CO.ID,MINA—Tingginya rasa penasaran tentang asal usul nama kota-kota suci seperti Mina dan Arafat, membuat Komisi Kerajaan untuk Kota Mekah dan Tempat Suci meluncurkan pameran untuk memperkaya pengetahuan umat Islam tenrang berbagai lokasi tempat kelahiran Islam beserta sejarah dibaliknya. Pameran “Antara Thabeer dan Al-Sabeh” sengaja dibuka pada Selasa (20/7) untuk menyambut ribuan jamaah haji, dengan harapan mereka dapat belajar lebih banyak lagi tentang tempat-tempat suci dan asal usulnya. 

Proyek hasil kerjasama dengan Hadiya Charity Association (Hadiya) ini juga menampilkan kisah Nabi Ibrahim dengan setan, yang mencoba mengelabui Nabi agar tidak menaati perintah Allah untuk membunuh putranya Ismail. 

Baca Juga

Koordinator penerjemahan dan mantan dekan perguruan tinggi bahasa dan terjemahan di Universitas Raja Khalid Abha, Dr. Abdullah Al-Malki, mengatakan kepada Arab News bahwa nama “Mina” berasal dari istilah Arab “Al-Muna,” jamak dari “Omniah”. ,” yang berarti “keinginan”.

“Ketika Malaikat Jibril ingin meninggalkan Adam, dia meminta untuk membuat permintaan (Omniah). Adam menginginkan surga. Tempat itu kemudian disebut Mina, jamak dari Omniah. Ada narasi lain yang memiliki penjelasan berbeda untuk maknanya,” jelas Al-Malki.

 

Al-Malki menambahkan, pengunjung juga bisa belajar tentang 70 nabi yang telah melewati lembah Mina. “Mina adalah sebuah lembah di sampingnya ada dua gunung, Thabir dan Al-Sabeh, dan diyakini bahwa sekitar 70 nabi telah melewati tempat ini, mengenakan pakaian wol putih,” ujarnya, menambahkan bahwa pameran tersebut mengajarkan pengunjungnya bagaimana surah Al-Mursalat diturunkan di sebuah gua di Mina.

Untuk sejarah “Arafat,” Al-Malki mengatakan tempat ini mendapatkan namanya karena Adam dan Hawa saling mengenal di Arafat. "Dalam bahasa Arab, kata 'araf' berarti 'tahu’,” ujarnya, menambahkan bahwa penting bagi para peziarah dan masyarakat awam untuk mempelajari sejarah tempat-tempat tersebut karena merupakan pusat peradaban Arab.

Al-Malki menunjukkan bahwa pameran, yang diadakan untuk pertama kalinya, mencakup 10 bagian di mana pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang Al-Masha'er dan layanan apa yang ditawarkan raja-raja Saudi untuk berkontribusi pada pengembangan situs-situs Islam bersejarah utama. 

“Perhatian dan pengeluaran tak terbatas dari para pemimpin daerah ini — mulai dari mendiang Raja Abdul Aziz dan putra-putranya, hingga era Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman — telah menjadikan tempat-tempat ini sebagai sumber kebanggaan bagi kita semua selama ini. proyek-proyek raksasa yang telah dilaksanakan di sini,” katanya.

Dia menambahkan bahwa upaya mereka juga telah membuat gunung dan lembah menjadi tempat yang aman dan aman.

Semua informasi sejarah tentang Mina — sumur air, masjid, dan pegunungannya — semuanya dapat ditemukan di sini di bawah satu langit-langit,” katanya, menambahkan bahwa mereka juga menyiarkan materi digital dan gambar dengan informasi terperinci tentang landmark tempat-tempat suci. untuk memperkaya pengalaman para peziarah.

Sebuah pameran serupa yang disebut “Alsakhrat” juga dibuka di Arafat untuk memberikan para peziarah informasi sejarah tentang situs tersebut. Namun, dua pameran digabungkan menjadi satu di Mina, di mana para peziarah hadir selama Hari-hari Tasyriq, di mana mereka melakukan ritual "rajam setan". Peziarah juga dapat memindai kode iQR untuk mengunjungi situs web multi-bahasa pameran untuk membaca lebih lanjut tentang tempat-tempat suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement