Kisah Calon Haji asal Burma yang Terombang-Ambing di Lautan

Ahad , 25 Jul 2021, 13:45 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
kapal haji di laut tengah.
kapal haji di laut tengah.

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Abu Dhabi memiliki kisah bersejarah terkait pelaksanaan haji di masa lalu, yaitu ketika para jamaah haji nyaris tenggelam saat melakukan perjalanan laut untuk menunaikan ibadah haji. Di antara saksi sejarahnya, yakni seorang pria beridentitas 032080 dan wanita yang tercatat sebagai 036559. Nama asli mereka tidak diketahui.

 

Terkait

Keduanya adalah bagian dari kelompok yang lebih besar yang terdiri dari 83 pria, wanita, dan anak-anak. Pria yang berasal dari Burma (sekarang Myanmar) itu telah meninggalkan negara itu pada tahun 1957 untuk melakukan haji dan diselamatkan di Abu Dhabi.

Baca Juga

Dalam perahu yang penuh sesak mereka melakukan perjalanan melalui laut, lalu dibuang begitu saja tanpa makanan dan air di pantai yang sepi dan asing. Hanya dengan keajaiban mereka lolos dari kematian. Perahu karet yang penuh sesak itu punya dua pilihan, melintasi Selat Inggris atau tenggelam di Mediterania dari Afrika.

Namun, mereka selamat di Abu Dhabi, pada malam haji 1957. Rombongan itu sebagian besar adalah keluarga yang berasal dari Burma. Mereka adalah Muslim, dari desa-desa dan kota-kota yang dekat dengan apa yang sekarang menjadi perbatasan Bangladesh tetapi dulunya adalah Pakistan Timur.