Selasa 27 Jul 2021 12:46 WIB

Makkah Resmikan 7 Rute Bus Umum

Rute pertama sepanjang 57 kilometer dimulai dari Batha Quraysh ke Al-Shuhada.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Makkah Resmikan 7 Rute Bus Umum. Mobil taksi melintas di jalan King Fahd di daerah Syisyah, Makkah.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Makkah Resmikan 7 Rute Bus Umum. Mobil taksi melintas di jalan King Fahd di daerah Syisyah, Makkah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Proyek Angkutan Bus Umum Makkah telah menetapkan tujuh rute bus dan pemberhentiannya setelah proyek tersebut selesai. Rute pertama sepanjang 57 kilometer dimulai dari lingkungan Batha Quraysh ke lingkungan Al-Shuhada.

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (27/7), rute pertama ini akan memiliki 26 pemberhentian utama. Rute ini akan melewati Lakes Park, Masjid Imam Al-Dhahabi, Taman Al-Faihaa, Pasar Al-Hejaz, Al- Masjid Ihsan, Masjid Al-Taawun dan Masjid Sayyida Aisha (Miqat) di Taneem.

Baca Juga

Selanjutnya, rute kedua dimulai dari lingkungan Al-Nawwariya dan mencapai stasiun Jabal Al-Ka'bah di wilayah tengah. Rute kedua ini terbentang sepanjang 40 km dan memiliki 35 pemberhentian.

Rute ketiga sepanjang 71 km dimulai dari lingkungan Kudai dan mencapai lingkungan Al-Shuhada. Rute ini akan memiliki 68 pemberhentian dan melewati Universitas Umm Al-Qura dan jalan setapak Umm Al-Mu'minin Zainab Al-Hilaliya, area parkir Kudai dan Markazi, Museum Makkah dan lingkaran sayur Al-Kakiyyah.

Rute keempat terbentang sepanjang 50 km dengan 62 pemberhentian. Rute ini dimulai dari lingkungan Kudai menuju Jalan Masjidil Haram dan melewati Masjid Jin, Makam Al-Ma'ala, Wali Kota Makkah (Makkah Mayoralty), Emirat Makkah, Pasar Dhi Al-Majaz, Gang Al-Naseem (Al-Naseem Walkway), Rumah Sakit Spesialis Al-Noor, Parkir Kudai dan pabrik air Zamzam King Abdulaziz.

Rute kelima memiliki 26 pemberhentian dan panjang 40 Km. Rute ini dimulai dari Stasiun Ajyad menuju lingkungan Al-Awali dan melewati Al-Abraj, Parkir Kudai, pabrik air Zamzam King Abdulaziz, Rumah Sakit Spesialis Al-Noor, King Abdullah Medical City, Masjid Al-Rajhi dan Jalan Al-Naseem.

Rute keenam sepanjang 45 Km dimulai dari Stasiun Ajyad hingga Universitas Umm Al-Qura. Rute dengan 19 pemberhentian ini melewati Jembatan Ajyad, Rumah Sakit Pasukan Keamanan, King Abdullah Medical City, Masjid Al-Rajhi, Jalan Al-Naseem, Kompleks Departemen Pemerintah dan Universitas Umm Al-Qura.

Selanjutnya, rute ketujuh dimulai dari stasiun Kereta Cepat Al-Haramain di Rusaifa dan mencapai Jabal Omar di kawasan Haram pusat. Rute ketujuh memiliki panjang 10 km dan 13 pemberhentian. Rute ini melewati Rusaifa, Al-Dawareq Square dan Al-Khalil Square.

https://saudigazette.com.sa/article/609166/SAUDI-ARABIA/7-routes-unveiled-for-public-transport-buses-in-Makkah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement