Rabu 28 Jul 2021 15:40 WIB

Pujian Hawk Hingga Pele untuk 'Sang Peri' Skateboard Brasil

Leal memecahkan rekor sebagai atlet muda Brasil yang meraih medali Olimpiade.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Rayssa Leal
Foto: EPA/JIJI PRESS.
Rayssa Leal

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Atlet skater berusia 13 tahun asal Brasil, Rayssa Leal memecahkan rekor sebagai atlet muda asal Brasil yang mampu meraih medali perak pada Olimpiade Tokyo 2020 dalam kompetisi skateboard street wanita. Dengan banyak karisma dan manuver yang akurat, Leal memikat jutaan penggemar selama ajang multicabang skateboard berlangsung.

Kesuksesan Leal bersamaan dengan meningkatnya jumlah pengikut (followers) pada akun Instagram pribadinya.

"Saya menjalani mimpi," tulis Leal dalam akun resmi Instagram sehari sebelum meraih medali.

Narasi awal dari popularitas Leal terjadi pada September 2015. Jutaan orang menonton video gadis bocah asal Brasil saat memainkan papan luncur di selasaran depan toko, mengenakan kostum peri biru mengilap.

Dalam aksi yang diunggah oleh legenda skateboard, Tony Hawk, Leal melakukan trik heelflip dengan dua kali percobaan berujung payah sebelum akhirnya mendarat mulus dengan penuh rasa emosional.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang ini tapi ini luar biasa; heelflip dongeng di Brasil oleh #RayssaLeal," tulis Tony Hawk di akun Twitter pribadinya enam tahun lalu dilansir Marca, Kamis (28/7).

Saat itu, Leal baru berusia tujuh tahun dan video berdurasi enam detik seketika viral di jagat sosial media. Tak hanya Tony Hawk, legenda sepak bola Pele juga menyampaikan pujian kepada Leal.

Legenda sepak bola dunia Pele bahkan menyempatkan untuk memberikan penghargaan bagi Leal. Eks penyerang timnas Brasil itu menyebut Leal membuktikan bahwa sebuah mimpi dapat dicapai berkat tekad dan usaha keras.

"Kamu benar-benar 'Peri', yang membuat kami percaya bahwa bahkan mimpi yang paling sulit pun bisa menjadi kenyataan," tulis Pele.

Di tengah badai pandemi Covid-19 banyak penduduk global berjuang untuk mengatasi wabah mematikan. Namun, Leal menyeruak sebagai sumber kebanggan yang langka untuk masyarakat Brasil.

Leal mulai bermain skating ketika berusia enam tahun. Pada tahun 2019, usia 11 tahun, dia skater termuda yang memenangkan final wanita di event Street Skateboarding League World Tour di Los Angeles (LA) Amerika Serikat dan berhasil menempati posisi kedua di peringkat dunia.

Setahun kemudian, Leal bahkan sudah menerima nominasi untuk Penghargaan Laureus, setara dengan Oscar untuk olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement