Sentuhan Peradaban Islam dalam Kemegahan Sarajevo (I)

Rabu , 28 Jul 2021, 21:33 WIB Redaktur : Agung Sasongko
kota Sarajevo
kota Sarajevo

IHRAM.CO.ID, Sejarah mencatat, Kesultanan Turki Utsmani mendirikan Sarajevo pada 1450. Berkat pengaruh peradaban Islam, Sarajevo pernah bertengger gagah sebagai salah satu kota terbesar dan terkemuka di Eropa.

 

Terkait

Selain dihiasi bangunan-bangunan besar dan megah, kota ini memiliki sistem air sendiri, pemandian, menara jam raksasa, dan sekolah-sekolah. Semua ini menjadikan pamor Sarajevo lebih mencorong dibandingkan kota-kota lain di Eropa. 

Baca Juga

photo

Muslim melakukan shalat dengan aturan jarak sosial pada malam yang diyakini sebagai Lailatul Qadar , salah satu malam paling suci bagi Muslim, di Masjid Gazi Husrev-beg di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina pada 20 Mei 2020. - (Anadolu/Mustafa Öztürk)

Gubernur Isa-Beg Isakociv ditunjuk untuk memimpin kota ini. Di bawah kepemimpinannya, berbagai bangunan penting didirikan, mulai dari masjid, pasar, pemandian umum, jembatan, asrama, dan istana gubenur Sarajevo yang disebut Saray.

Masjid yang terkenal pada masa itu adalah Masjid Carova Damija. Masjid Carova yang disebut juga Masjid Tsar atau Masjid Imperial ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Sultan Turki Utsmani, Muhammad II.