Abu Dhabi Luncurkan Platform Digital untuk Cegah Perceraian

Kamis , 29 Jul 2021, 13:20 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Perceraian (ilustrasi)
Perceraian (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Pemerintah Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), meluncurkan sebuah platform digital dalam rangka mengurangi tingkat perceraian selama tahap awal pernikahan. Platform tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencari bantuan profesional pada tanda-tanda pertama konflik di antara pasangan.

 

Terkait

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pengembangan Masyarakat di Abu Dhabi (DCD) menunjukkan bahwa sekitar 62 persen pasangan Emirat di Abu Dhabi menghadapi perceraian selama empat tahun pertama pernikahan.

Direktur Eksekutif Sektor Pemantauan Sosial dan Inovasi di DCD, Dr Layla al-Hyas, mengatakan platform yang disebut 'Tegahwa' ini telah dirancang berdasarkan hasil penelitian oleh DCD. Platform ini juga merupakan yang pertama dari jenisnya di ibukota UEA itu.

Saat ini, inisiatif Tegahwa oleh DCD tengah dalam tahap percontohan. Inisiatif ini diluncurkan bekerja sama dengan Family Development Foundation (FDF) dan mitra sektor swasta.

Kata 'Tegahwa' adalah kata tradisional Emirat, yang berakar pada kebiasaan asli, yang berarti mendiskusikan hal-hal penting dan mengatasi tantangan antara kedua keluarga pasangan.

 

Fase percontohan platform ini akan dijalankan oleh spesialis hubungan keluarga dari sektor swasta, termasuk Konseling Online Takalam, Yas Island, dan Maudsley Health, di bawah pengawasan FDF.

Al-Hyas mengatakan, bahwa studi tersebut juga menjelaskan penyebab perceraian di emirat yang mencakup komunikasi dan keterampilan resolusi konflik yang buruk, kurangnya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama, dan penundaan atau keengganan dalam mencari konseling pernikahan.

"Tegahwa bertujuan untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada pasangan yang mengalami masalah dalam berkomunikasi, memahami dan menyelesaikan konflik, selain kesulitan yang berkaitan dengan membesarkan anak, yang dapat menyebabkan perbedaan pendapat di antara pasangan," kata al-Hyas, dilansir di Al Arabiya, Kamis (29/7).

Ia melanjutkan, bahwa Tegahwa menyediakan lingkungan yang nyaman yang menjamin kerahasiaan dan privasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pasangan. Platform yang mudah diakses ini menggabungkan serangkaian elemen inovatif, seperti pesan teks motivasi yang dipersonalisasi untuk pasangan berdasarkan data mereka, dan sistem penghargaan yang berupaya memperkuat ikatan keluarga dengan menawarkan saran untuk berbagai kegiatan rekreasi bagi pasangan dan anak-anak guna menghabiskan waktu berkualitas bersama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini