Muslimah AS Berupaya Luruskan Citra Islam Lewat Buku Sekolah

Jumat , 30 Jul 2021, 15:10 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Tamara Gray dan Najiyah Maxfield berupaya memperluas gambaran muslim dalam buku sekolah
Tamara Gray dan Najiyah Maxfield berupaya memperluas gambaran muslim dalam buku sekolah

IHRAM.CO.ID, MINNEAPOLIS -- Memulai usaha penerbitan mereka tujuh tahun lalu, Tamara Gray dan Najiyah Maxfield bermimpi menawarkan pilihan buku yang lebih baik yang dapat membantu mengakhiri kesalahpahaman tentang Islam. Hari ini, mereka memiliki mimpi yang lebih besar, yakni untuk memperluas penggambaran Muslim dalam buku-buku sekolah Minneapolis.

 

Terkait

“Kami memiliki tujuan membuat fiksi, memiliki karakter nyata, orang yang berjuang, orang yang memiliki ruang untuk berkembang,” kata Kepala Daybreak Press dan penulis Sophia's Journal, Maxfield dilansir dari About Islam, Rabu (28/7).

Mulai bekerja pada tahun 2014, mereka telah menerbitkan buku-buku dari berbagai penulis Muslim, dan koleksinya berkisar dari buku teks hingga nonfiksi kreatif.  Perusahaan mereka memiliki fokus pada karya-karya yang membangkitkan semangat yang secara khusus diciptakan oleh perempuan Muslim.

Sementara representasi komunitas Muslim dalam kurikulum Minnesota telah berubah menjadi lebih baik selama dekade terakhir. Tapi Gray percaya masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

“Sangat sulit untuk benar-benar bekerja melalui sistem untuk memasukkan buku ke dalam kurikulum.  Guru dan admin positif dan ingin membantu, tetapi sebenarnya menindaklanjuti dan mengubah sistem itu sulit, ”kata Gray.

Karena tugas guru untuk menemukan materi yang mewakili siswa mereka, Gray berencana untuk bertemu dengan guru sekolah di musim gugur untuk mengadvokasi materi yang ditulis tentang komunitas Muslim. Dengan banyaknya penerbit yang melayani anak-anak Muslim, kurangnya materi yang tepat yang berfokus pada komunitas Muslim tidak lagi menjadi tantangan.

“Awalnya argumennya adalah bahwa tidak ada cukup teks di luar sana yang ditulis oleh penulis Muslim,” kata Deqa Muhidin, yang bekerja di departemen Multilingual di Minneapolis Public Schools (MPS).

“Saya ingin berpikir bahwa bukan itu masalahnya, ada cukup banyak buku atau teks yang ditulis oleh penulis Muslim,"tambahnya.

Sedangkan Direktur eksekutif untuk pembelajar bahasa Inggris dan pendidikan global untuk departemen multibahasa di MPS, Muhidin Warfa juga optimis tentang representasi Muslim.

“Representasinya tumbuh, dan tidak sebanyak yang kita inginkan. Saya pikir representasi adalah kuncinya dan siswa harus dapat melihat diri mereka sendiri dalam buku yang mereka baca dan teks yang mereka akses di kelas mereka,"ujarnya.

Maxfield adalah penulis pemenang penghargaan dari banyak artikel, puisi, dan cerita pendek.  Novel dewasa mudanya, Sophia's Journal, mengeksplorasi tema inklusi dan identitas dan diajarkan di beberapa sekolah menengah dan menengah di seluruh Amerika Utara.  Dia mengajar bahasa Inggris tingkat menengah dan sejarah di Amerika Serikat dan bahasa Inggris tingkat universitas di Suriah.

Dr. Tamara bekerja sebagai Direktur Eksekutif untuk Rabata, membangun dan mempertahankan banyak dan beragam proyek pendidikannya. Dia juga anggota fakultas komunitas di Metropolitan State University di departemen Etika dan Studi Agama, dan Associate Chaplain di University of St. Thomas.

Dalam beberapa tahun terakhir, penulis Muslim telah menerbitkan beberapa buku untuk mendukung keragaman dan melawan rasisme. Pada Juli 2019, Hamana, seorang pelatih kehidupan bersertifikat dari Edmonton, menerbitkan buku anak-anak pertamanya untuk membantu anak-anak dan orang tua mereka melawan intimidasi.

Pada saat itu, Hamana mengatakan bahwa dia terpaksa menerbitkan bukunya setelah mendengar peran intimidasi yang dimainkan dalam bunuh diri seorang pengungsi muda Suriah di Calgary. Selain itu, Hudda Ibrahim dari St Cloud, Minnesota, menulis sebuah buku pada September 2019 untuk memberdayakan gadis-gadis muda Muslim dan menormalkan jilbab.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini