Kamis 29 Jul 2021 19:15 WIB

Sultan Sebut Tiap Kelurahan Dapat Rp 50 Juta Dana Istimewa

Pemanfaatan danais ini juga diserahkan ke masing-masing kelurahan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sultan Sebut Tiap Kelurahan Dapat Rp 50 Juta Dana Istimewa (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Sultan Sebut Tiap Kelurahan Dapat Rp 50 Juta Dana Istimewa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY masih melakukan refocusing dana keistimewaan (danais) untuk penanganan Covid-19. Direncanakan danais akan disalurkan melalui kelurahan.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, tiap kelurahan direncanakan akan mendapat Rp 50 juta dari danais untuk penanganan Covid-19. Pemanfaatan danais ini juga diserahkan ke masing-masing kelurahan.

"Saya minta Rp 50 juta untuk penanganan Covid-19 ini sudah harus jelas satuannya, karena di desa juga ada (dana dari) APBN dan APBdes, jangan sampai nanti (pemanfaatannya) kurang jelas. Pertanggung jawabannya berbeda, jadi penggunaannya pun jangan sama (antara danais, APBN dan APBDes),"kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (29/7).

Terkait dengan dana dari APBD  DIY, Pemda DIY juga sudah melakukan refocusing anggaran. Total dana APBD untuk penanganan Covid-19 di DIY sendiri mencapai Rp 326 miliar.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, sudah terserap sekitar 41 persen dari total APBD yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19. "Terserap sudah 41 persen atau Rp 140,9 miliar," kata Aji.

Dana untuk penanganan Covid-19 dari APBD ini juga akan disalurkan sebagai bantuan bagi pelaku usaha terdampak pandemi dan PPKM level 4. Penyaluran bantuan ini akan dilakukan melalui koperasi-koperasi yang ada di DIY.

Pihaknya menargetkan penyaluran bantuan akan dimulai pekan depan. Saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan.

"Targetnya pekan ini mudah-mudahan data selesai, jadi pekan depan bisa terealisasi (untuk penyaluran)," ujar Aji.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement