Brand Muslim Asal Bandung Mendunia

Jumat , 30 Jul 2021, 15:01 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah

IHRAM.CO.ID,  BANDUNG --- Brand Muslim Streetwear Asal Bandung Bandung seakan tidak ada habisnya dalam urusan kreativitas. Dikenal sebagai kota kreatif, Bandung selalu menghasilkan produk-produk kreatif, tak terkecuali di industri fashion. 

 

Terkait

Fakta lain mengenai Bandung yang diakui oleh dunia, pada Desember 2015, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) mengumumkan Kota Bandung tercatat sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network.

 

Dan memang seperti tak pernah habis dengan orang-orang kreatif, pada bulan Maret 2021 lalu, lahir brand clothing yang mencuri perhatian anak muda di Indonesia. Brand asal Bandung tersebut yaitu RSYD. 

 

Menurut Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Co Founder RSYD, Feri Ferdiansyah, RSYD ini bergenre streetwear Muslim. "RSYD adalah singkatan dari Rasyid (kata dalam bahasa Arab), yang artinya petunjuk, mendapat petunjuk, cerdas, mencerahkan," ujar Feri, Jumat (30/7).

 

Menurut Feri, setiap lakaian RSYD mempunyai desain yang authentic serta berisi pesan kebaikan. Brand RSYD memiliki beberapa produk seperti T-shirt, crewneck, kurta, celana sirwal, topi, dan aksesoris fashion lainnya. 

 

Menurutnya, tidak hanya produk yang memiliki desain yang menarik dan kekinian yang biasa ada di pakaian streetwear, beberapa produk RSYD yaitu t-shirt dan crewneck memiliki desain yang memiliki isi pesan kebaikan. Di antaranya kisah para nabi serta sahabat, kisah-kisah yang tercatat dalam Al-Qur’an, dan syiar Islam.

 

Brand RSYD ini, kata dia, selain unik juga viral karena mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Untuk memasarkan produknya, clothing brand muslim streetwear ini tidak hanya melalui Instagram dan Facebook, namun juga pemasaran melalui TikTok yang akhir-akhir ini sedang digandrungi oleh para anak muda pengguna media sosial. 

 

"Strategi ini efektif, konten-konten video yang diunggah di Tiktok bisa menarik perhatian dan beberapa kali FYP (Four Your Page), dan mampu mendongkrak penjualan," kata Feri.

 

Feri mengatakan, desain pakaiannya kekinian dan bercerita. Jadi, desain  brand RSYD ini bukan hanya desain yang bernilai estetik saja, tetapi desainnya memiliki cerita tersendiri. Desain-desainnya bercerita mengenai kisah perjuangan Islam, nabi, sahabat para nabi, tokoh-tokoh penting dalam Islam, dan berisi pesan kebaikan.

 

"Dari isinya yang bercerita tentang kisah perjuangan Islam dan pesan kebaikan, desain yang dikemas oleh brand RSYD mengikuti trend kekinian untuk desain streetwear," katanya.

 

Menurutnya, dengan desain yang sangat kekinian serta arti dari desainnya cukup ringan dan mudah dimengerti, menjadikan produknya ini diterima oleh kalangan anak muda yang suka dengan streetwear.

 

Bahkan, kata dia, RSYD diterima hingga ke luar negeri. Awalnya, RSYD hanya memiliki konsumen yang masih dari pulau Jawa, namun karena mengoptimalkan media sosial untuk pemasarannya, konsumen dari luar pulau Jawa pun banyak yang tertarik, bahkan hingga Papua. 

 

"Ternyata viralnya brand RSYD ini sampai ke Negara tetangga yaitu Malaysia dan Brunei," katanya.

 

RSYD berharap, kata dia, bisa bermanfaat untuk masyarakat. Serta, keberadaan RSYD ini, menambah warna baru industri fashion di Indonesia. Selain itu, RSYD mampu menambah lapangan pekerjaan di tengah-tengah Pandemi. 

 

"Manajemen kami pun menyisihkan sebagai keuntungan perusahaan untuk kegiatan sosial. RSYD tidak hanya ingin menggerakkan ekonomi, namun juga ingin bermanfaat untuk masyarakat”, tegas Feri. N Arie Lukihardianti

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

 

 

BERITA TERKAIT