70 Ribu Orang yang Masuk Surga Tanpa Hisab, Siapa Mereka?

Jumat , 30 Jul 2021, 12:12 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Surga
Ilustrasi Surga

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA – Yakin dan tawakal kepada Allah SWT salah satunya adalah dilakukan dengan tidak mempersekutukan-Nya. Bahkan terdapat ganjaran bagi mereka yang tidak sama sekali berusaha menduakan Allah.

 

Terkait

KH Ali Mustafa Yaqub dalam buku Kalau Istiqamah Nggak Bakal Takut, Nggak Bakal Sedih menjelaskan sebuah hadis tentang 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab. Beliau menceritakan bahwa Nabi SAW pernah diperlihatkan oleh Allah mengenai ahwal yaumil qiyamah (mengenai keadaan hari kiamat).

Baca Juga

Nabi bercerita bahwa ditunjukkan kepadanya umat-umat terdahulu. Ada umat Nabi Adam, Nabi Nuh, dan umat Nabi-Nabi Bani Israil. Nabi kemudian mengatakan kepada seorang Nabi yang memiliki murid 12 orang, maka disebut dalam hadis ‘wa ma’ahu ruhaith’ (dan bersama Nabi itu ada kelompok kecil, hanya beberapa orang.

Nabi Isa memiliki 12 orang pengikut, berarti Nabi Isa hanya datang dengan 12 orang, sedikit sekali. Siapa yang paling banyak pengikutnya di antara Nabi-Nabi Bani Israil? Yakni Nabi Musa AS. Sehingga disebutkan, ‘fa idza nazhartu, fa nazhartu  fa idzan sawadun azhim’ (ketika aku berpaling ke arah yang lain, tiba-tiba aku melihat ada sekelompok yang sangat besar (sawadun azhim).

Hal itu digunakan oleh orang Arab untuk menunjukkan kelompok yang besar. Tiba-tiba di sana banyak kelompok, banyak sekali pengikut seorang Nabi. Kemudian Jibril mengatakan, “Kata Allah: ‘Wahai Muhammad, itu adalah Musa dan pengikutnya,”.