Ikadi: Kaderisasi Ulama Harus Ditingkatkan

Jumat , 30 Jul 2021, 14:38 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Ulama sangat berperan dalam pembinaan umatnya (Ilustrasi)
Ulama sangat berperan dalam pembinaan umatnya (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Para ulama merupakan pewaris para nabi yang harus dijaga keberadaannya sebagai sumber ilmu pengetahuan agama. Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini, sangat banyak ulama atau kiai yang sudah wafat. Karena itu, ormas Islam perlu meningkatkan program kaderisasi untuk melahirkan ulama yang mumpuni dalam mendakwahkan ajaran Islam.

 

Terkait

Sekretaris Jenderal Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), ustaz Ahmad Kusyairi Suhail mengatakan, program kaderiasi ulama sangat penting dilakukan, termasuk di masa pandemi sekarang ini. “Apalagi dalam kondisi realitas bahwa sekarang banyak ulama yang dipanggil Allah. Sudah barang tentu program semacam ini harus semakin lebih diintensifkan dan ditingkatkan,” ujar Ustaz Kusyairi saat dihubungi Republika.co.id, Jum’at (30/7).

Baca Juga

Menyadari kondisi itu, menurut dia, Ikadi juga tetap melaksanakan program kaderisasi ulama di masa pandemi ini. Menurut dia, Ikadi memanfaatkan teknologi dan informasi untuk tetap melakukan kaderisasi terhadap para calon ulama masa depan.

“Dengan adanya keterbatasan di tengah pandemi ini, alhamdulillah kita mamanfaatkan teknologi yang ada, sehingga beberapa program itu masih berlangsung,” ucapnya.