Bilqis Abdul-Qaadir, Pebasket Muslimah yang Terobos Hambatan

Ahad , 01 Aug 2021, 01:17 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Bola Basket
Ilustrasi Bola Basket

IHRAM.CO.ID, MASSACHUSETTS -- Pebasket Muslimah Bilqis Abdul-Qaadir memang memiliki mimpi bermain bola basket profesional sejak dia masih kecil. Impiannya dimulai saat sering berlatih di Massachusetts, Amerika Serikat.

 

Terkait

Dilansir dari About Islam, Kamis (29/7) saat datang ke lapangan basket, dia memiliki semangat yang berapi-api dan semangat tak terkalahkan. Tekadnya ini yang akhirnya memaksa Fédération Internationale de Basketball atau Federasi Basket Internasional (FIBA) untuk mengakhiri larangan hijab.

Dia berharap bisa menginspirasi orang lain untuk bermain olahraga. Bilqis juga aktif di  Dribbling Down Barriers, sebuah program untuk mempromosikan keragaman dan inklusi dalam bola basket. Program seperti perkemahan musim panas, yang diadakan di Universal Academy of Florida di Tampa, berlangsung 26-30 Juli dan menargetkan anak perempuan kelas 4-12.

“Saya harus berdiri dan kuat untuk gadis-gadis muda ini. Terutama gadis-gadis Muslim yang akan datang setelah saya dan memainkan semua jenis olahraga” kata Abdul-Qaader kepada Tampa Bay Times.

Abdul-Qaadir dianggap sebagai salah satu pebasket wanita terbaik yang muncul dari Massachusetts. Dia memegang rekor skor sepanjang masa Massachusetts untuk bola basket sekolah menengah wanita dan merupakan wanita Muslim pertama yang bermain di bola basket perguruan tinggi National Collegiate Athletic Association (NCAA).

Pada tahun 2019, Athena Film Festival di New York menayangkan film dokumenter yang mengisahkan perjuangan pebasket Muslim Amerika Bilqis Abdul-Qaadir melawan larangan FIBA ​​terhadap hijab. Alkhaledi Kurnialam

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini