Negara Koalisi Pimpinan AS Masih Suplai Alat Militer ke Irak

Ahad , 01 Aug 2021, 02:17 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Kendaraan militer AS di dekat Dahuk, Irak
Kendaraan militer AS di dekat Dahuk, Irak

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Koalisi pimpinan AS telah menyediakan pasukan keamanan Irak dengan peralatan senilai lebih dari Rp 72 triliun sejak 2014. Bantuan peralatan militer itu masih diberikan koalisi tersebut.

 

Terkait

"Hanya dalam sepekan terakhir, koalisi internasional melengkapi pasukan keamanan Irak dengan peralatan senilai 35 juta dolar," kata juru bicara koalisi internasional Kolonel Wayne Morato dilansir dari Arab News, Sabtu (31/7).

“Ini adalah bagian dari From the Fund untuk membiayai, melatih dan memperlengkapi pasukan keamanan Irak, yang didukung oleh pasukan Amerika,” tambahnya.

Tindakan ini termasuk peralatan komunikasi dan intelijen serta dukungan lainnya  Morato menambahkan dalam sebuah pernyataan kepada saluran Berita Irak, yang dibawa oleh Kantor Berita Irak (INA).

“Dukungan akan terus diberikan kepada pasukan Irak, dan mungkin di masa depan dan mengingat keputusan untuk menarik pasukan tempur, dan itu akan diserahkan kepada keputusan oleh pemerintah Irak dan Amerika,” kata juru bicara itu.

Pekan lalu, seorang pejabat militer Irak mengatakan bahwa hubungan Irak dengan koalisi internasional akan didasarkan pada memerangi terorisme, memberikan pelatihan dan peralatan untuk pasukan Irak, dan upaya intelijen, INA melaporkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini