Al-Fustat, Ibu Kota Islam Pertama di Mesir

Ahad , 01 Aug 2021, 02:14 WIB Reporter :Rizky Suryarandika/ Redaktur : Agung Sasongko
al-Fustat, Kairo, Mesir
al-Fustat, Kairo, Mesir

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Kepala Bidang Kepurbakalaan Islam, Koptik, dan Yahudi pemerintah Mesir, Osama Talaat, mengatakan bahwa Fustat adalah ibu kota Islam pertama dan tertua. Fustat dibangun tak lama setelah penaklukan Islam Arab atas Mesir pada tahun 20 H (641 M). 

 

Terkait

Dilansir dari dailynewsegypt pada Sabtu (31/7), sahabat Nabi Muhammad, Amr Ibn Ash memilih lokasi ini untuk pendirian ibu kota baru. Padahal lokasi sebelumnya tidak berpenghuni kecuali benteng Romawi yang dikenal sebagai Benteng Babel. Ibukota baru itu disebut Al Fustat, yang berarti "tenda", meskipun saat ini dikenal sebagai Old Cairo Quarter. 

Baca Juga

photo

Benteng al-Fustat, Kairo, Mesir. - (Wikipedia)

Fustat adalah salah satu lingkungan tertua di Kegubernuran Kairo Raya, karena mencakup banyak situs arkeologi terkenal, termasuk Masjid Amr Ibn Al-Aas. Masjidnitu merupakan bangunan pertama yang didirikan di kota baru tersebut.

Selain Masjid, ada bangunan ibadah agama lain di Fustat. Diantaranya sejumlah gereja di daerah Mar Girgis meliputi Gereja Gantung dan Gereja Abu Serga, yang dibangun di atas gua tempat Keluarga Suci berlindung selama perjalanan mereka di Mesir.