Ahad 01 Aug 2021 13:47 WIB

Komputer Kuantum Komersial Pertama di Jepang Beroperasi

Ini terobosan ke bidang yang sangat kompetitif yang dipimpin oleh AS dan China

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda
Prosesor komputer kuantum (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Prosesor komputer kuantum (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Universitas Tokyo dan International Business Machines Corp telah memulai operasi komputer kuantum komersial pertama di Jepang. Mereka membuat terobosan ke bidang yang sangat kompetitif yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) dan China.

Sistem generasi berikutnya, yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi AS dengan universitas yang memegang hak akses eksklusif untuk menggunakannya, didirikan di Pusat Inkubasi Bisnis Kawasaki di Prefektur Kanagawa, barat daya Tokyo.

Baca Juga

Dilansir dari Japan Today, Ahad (1/8), sebuah konsorsium industri-akademisi, diluncurkan pada 2020, termasuk Toyota Motor Corp, Sony Group Corp dan Mitsubishi Chemical Holdings Corp sebagai anggota, memiliki akses ke komputer untuk penelitian bersama. Ini akan mengeksplorasi aplikasi praktisi komputasi kuantum dan memelihara sumber daya manusia.

Sistem komputer IBM Quantum System One adalah kedua dari jenisnya yang telah dibangun IBM di luar AS, mengikuti yang ada di Jerman. “Bidang di mana komputer kuantum digunakan secara praktis berkembang luas. Saya ingin menyampaikan pencapaiannya kepada dunia,” kata presiden universitas Teruo Fujii pada upacara Selasa (27/7) untuk menandai dimulainya operasi komputer.

Komputer kuantum menggunakan kuanta, seperti partikel cahaya, yang memiliki karakteristik gelombang dan partikel dan dapat menghitung skor kombinasi sekaligus, bukan satu per satu seperti pada komputer konvensional.

Kemampuannya untuk memecahkan masalah kompleks dengan kecepatan lebih cepat daripada superkomputer diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan obat dan bahan baru, menciptakan model keuangan, mengoptimalkan logistik dan dalam kriptografi, yang telah menjadi penting untuk internet dan mata uang digital.

“Sangat penting bahwa basis (untuk komputer kuantum) telah didirikan di Jepang karena akan membantu memelihara personel yang akan mahir mengoperasikannya,” kata peneliti senior di Japan Research Institute, Hideyuki Mase.

Dia mencatat masih banyak tantangan teknis untuk pengoperasian penuh komputer kuantum dan perlombaan untuk mengembangkannya semakin intensif secara global, dipimpin oleh AS dan China.

“(Basis) akan membantu memperdalam pertukaran dengan para ahli di luar negeri, termasuk dari Asia. Ini diharapkan menjadi keuntungan besar bagi Jepang sebagai negara yang mempromosikan penelitian dan pengembangan di lapangan,” kata Mase.

Konsorsium Inisiatif Inovasi Quantum yang memiliki akses ke sistem juga termasuk Universitas Keio, Hitachi Ltd, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc dan Yokogawa Electric Corp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement