Senin 02 Aug 2021 19:23 WIB

PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus

Perpanjangan PPKM level 4 dilakukan dengan sejumlah penyesuaian.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Indira Rezkisari
Presiden Joko Widodo memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 hingga 9 Agustus.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 hingga 9 Agustus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 untuk sejumlah wilayah di Tanah Air. Dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (2/8) malam, Jokowi menyampaikan bahwa pelaksanaan PPKM level 4 diperpanjang dengan periode 3-9 Agustus 2021.

Pelaksanaan PPKM level 4 ini, ujarnya, akan mengalami sejumlah penyesuaian aturan. Hanya saja Jokowi tidak menjelaskan lebih rinci mengenai penyesuaian yang akan diberikan dalam PPKM level 4 lanjutan ini.

Baca Juga

"Dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3-9 Agustus 2021. Di beberapa kabupaten kota tertentu, dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masy sesuai kondisi masing-masing daerah. Hal teknis lengkap akan dijelaskan oleh menteri dan menko terkait," kata Presiden Jokowi.

Dalam penjelasannya, Jokowi menyebutkan bahwa pemberlakuan PPKM level 4 sejak 26 Juli hingga 2 Agustus hari ini telah berhasil memberikan perkembangan yang positif. Di antaranya, penurunan tingkat keterisian rumah sakit (RS) di Jawa dan Bali, peningkatan angka kesembuhan, serta penurunan tren penambahan kasus harian secara nasional.

Kendati begitu, Jokowi menekankan bahwa perbaikan yang ada saat ini tidak boleh membuat masyarakat kendur dalam menjalankan protokol kesehatan. Ia meminta masyarakat tetap patuh menjalankan 3M, yang paralel dengan langkah testing, tracing, dan treatment dari pemerintah.

"Walaupun sudah mulai ada perbaikan, namun perkembangan kasus covid masih sangat dinamis dan fluktuatif. Sekali lagi, kita harus terus waspada dalam melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan kasus Covid-19," kata Jokowi.

Mengenai teknis pelaksanaan PPKM level 4 lanjutan ini, Presiden Jokowi telah menunjuk menteri koordinator untuk menyampaikan penjelasan secara rinci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement