Iran Peringatkan Amerika Serikat, Inggris, dan Israel  

Senin , 02 Aug 2021, 23:43 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Amerika Serikat, Inggris, dan Israel tuding Iran serang tanker. Bendera Iran
Amerika Serikat, Inggris, dan Israel tuding Iran serang tanker. Bendera Iran

IHRAM.CO.ID, DUBAI—  Seorang pejabat Iran memperingatkan negaranya akan merespons "keras" langkah apa pun yang mengancam keamanan Teheran, kantor berita Iran mengabarkan pada Senin.

 

Terkait

Pernyataan itu muncul setelah Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Israel menuding Iran ada di belakang serangan pada tanker minyak yang dikelola Israel, pekan lalu.

Baca Juga

Iran telah membantah terlibat dalam insiden di perairan Oman yang menewaskan dua anggota kru tanker Mercer Street yang berkebangsaan Inggris dan Romania itu.

"Meskipun Iran menganggap ancaman pejabat Barat dan rezim Zionis (Israel) itu lebih sebagai sikappropaganda, setiap tindakan terhadap kepentingan nasional dan keamanan Iran akan ditanggapi dengan keras dan tegas," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu kepada kantor berita Nournews.

"Dan Washington dan London akan bertanggung jawab secara langsung atas konsekuensinya," kata pejabat itukepada Nournews. 

Kantor berita tersebut memiliki hubungan dekat dengan Dewan Keamanan Nasional Agung Iran. Amerika Serikat dan Iran mengatakan pada Ahad (1/8) mereka akan bekerja dengan mitra mereka untuk merespons serangan pada tanker berbendera Liberia milik Jepang itu,yang dikelola Zodiac Maritime di Israel.

Inggris mengatakan kemungkinan besar Iran yang melakukan serangan itu dengan menggunakan satu atau lebih kendaraan udara tak berawak (drone).   

sumber : Reuters/Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini