Istana Ishak Pasha, Contoh Unik Arsitektur Dinasti Ottoman

Selasa , 03 Aug 2021, 14:54 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Istana Ishak Pasha
Istana Ishak Pasha

IHRAM.CO.ID, DOGUBAYAZIT – Istana Ishak Pasha yang terletak di Distrik Dogubayazit, Turki merupakan salah satu peninggalan Dinasti Ottoman yang masih kokoh. Istana tersebut termasuk karya Anatolia yang paling langka dengan tampilan sarang elang serta 116 kamar.

 

Terkait

Sistem pemanas yang digunakan di Istana Ishak Pasha adalah salah satu contoh pertama dari jenisnya di Anatolia. Bangunan bersejarah yang dibangun di atas bukit dengan ketinggian 1.900 meter menjadi pusat perhatian wisatawan lokal dan asing sepanjang tahun. Selain itu, Ishak Pasha juga masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO.

Istana ini dibangun di atas Jalur Sutra, sebuah rute perdagangan yang menghubungkan Timur dan Barat dan merupakan pusat hubungan antara dua benua selama hampir 1.600 tahun. Dengan luas 7.600 meter dekat perbatasan Iran dari Dinasti Ottoman, Ishak Pasha menawarkan strategis unik bagi kekaisaran.

Arsitektur Ottoman yang melekat pada istana ini dinilai unik karena banyak meminjam gaya dan tradisi Anatolia, Persia, dan Mesopotamia Utara. Gabungan semua gaya tersebut yang dipengaruhi arsitektur Seljuk membuat pengunjung terpukau.

Dilansir Daily Sabah, Selasa (3/8), pembangunan istana dimulai pada tahun 1685 oleh Abdi Pasha. Pembangunannya memakan waktu 99 tahun dan akhirnya selesai pada tahun 1784 oleh Ishak Pasha, keturunan Abdi Pasha. Ukiran di gerbang mahkota bagian harem berbunyi bahwa itu dibangun pada tahun 1784 oleh Ishak Pasha II dari ldıroğulları beylic.

Setelah selesai, istana berfungsi sebagai pusat administrasi Beyazd Sanjak. Istana menjalani restorasi selama 20 tahun setelah rusak dan kemudian ditinggalkan karena gempa bumi yang terjadi pada tahun 1840.

Selama bertahun-tahun, terutama pada abad ke-20 dan ke-21, pekerjaan restorasi tambahan dilakukan untuk melestarikan struktur sejarah. Kompleks ini mencakup berbagai keindahan Ottoman, termasuk fasad eksterior, lapangan, dan masjid.

Ada juga selamlik, bagian dari istana atau rumah Ottoman yang diperuntukkan bagi pria, berbeda dengan seraglio yang diperuntukkan bagi wanita dan dilarang untuk pria. Kompleks istana juga mencakup dapur, pemandian Turki, ruang bawah tanah, mausoleum, dan aula untuk upacara dan hiburan

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini