Selasa 03 Aug 2021 20:50 WIB

Mengenal Istighotsah KH Romli Tamim (II-Habis)

KH Romli Tamim menyusun wirid istighotsah di kalangan warga Nahdliyin.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Warga mengikuti Istighotsah Qubro di halaman Masjid Raya KH Hasyim Asy
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Warga mengikuti Istighotsah Qubro di halaman Masjid Raya KH Hasyim Asy

IHRAM.CO.ID,  KH Muhammad Romli Tamim merupakan salah satu ulama Nahdlatul Ulama (NU) yang produktif dalam menulis kitab. Bahkan, dia berhasil menyusun wirid istighotsah di kalangan warga nahdliyin. Kitab-kitab karangannya, antara lain, al-Istighotsah bi Hadrati Rabbil-Bariyyah, Tsamratul Fikriyah, Risalatul Waqi 'ah, dan Risalatush Shalawat an-Nariyah.

Tahun lalu, Republika bersama puluhan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkesem patan berziarah ke makam Kiai Romli Tamim di Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan, Jombang. Pemakaman seluas lapangan sepak bola tersebut berada tidak jauh dari pintu masuk Pesantren Darul Ulum.

Baca Juga

Ribuan santri Daru Ulum saat itu juga ikut membaca tahlil di makam para pendiri dan pengasuh Pesantren Darul Ulum dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap 22 Oktober. Ziarah tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj.

Para santrinya biasa memanggil beliau dengan sebutan Mbah Yai Ramli. Saat menanyakan ke beberapa santri Darul Ulum, belum ada buku khusus yang mengupas tentang biografi komprehensif sang alim. 

(Baca: Mengenal Istigotsah KH Romli Tamim bagian pertama)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement