Restorasi Masjid Warisan Dinasti Ayyubiyah di Turki Rampung

Selasa , 03 Aug 2021, 21:25 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Masjid Er Rızk di Turki warisan Ayyubiyah dibangun pada 1409 Masehi. Masjid peninggalan Ayyubiyah
Masjid Er Rızk di Turki warisan Ayyubiyah dibangun pada 1409 Masehi. Masjid peninggalan Ayyubiyah

IHRAM.CO.ID, HASANKEYF – Restorasi (pemulihan) sebuah masjid berusia 612 tahun di Turki akan segera rampung. 

 

Terkait

Wali Kota Hasankeyf di Provinsi Batman di tenggara Turki, Abdulvahap Kusen, mengatakan proses restorasi Masjid Er Rizk saat ini tengah berlangsung dan diperkirakan akan segera rampung.

Baca Juga

Masjid yang berada di Distrik Hasankeyf, kota dan distrik kuno di sepanjang Sungai Tigris, itu dibangun pada masa pemerintahan Ayyubiyah. Masjid Er Rızk dibangun pada 1409 oleh raja Ayyubiyah di Hasankeyf, Ebu'l Mefahir Suleyman. 

Masjid tersebut tengah direnovasi karena direlokasi. Masjid bersejarah ini dipindahkan dari lokasi aslinya karena pembangunan Bendungan Ilisu dan pembangkit listrik tenaga air.

Kusen mengatakan, bahwa Masjid Er Rızk adalah salah satu artefak bersejarah yang dipindahkan. Menurutnya, masjid berusia 612 tahun itu menyatukan bangunan yang lama dengan yang baru.

"Pekerjaan pemugaran sudah tahap akhir, penambahan perluasan pada masjid telah dilakukan. Menara telah dirakit dan pekerjaan lanskap terus berlanjut," kata Kusen, dilansir di Daily Sabah, Selasa (3/8).

Dia menambahkan, bahwa pekerjaan di masjid ini hampir selesai. Karena itu, Kusen mengatakan bahwa sholat Jumat akan berlangsung seperti yang mereka lakukan sebelumnya. Dia mengatakan, menara Masjid Er Rizk adalah sebuah mahakarya.

"Kaligrafi dan tulisan di batu nisan yang terukir di dinding menara sangat berharga. Salah satu fitur terpenting masjid adalah menaranya yang memiliki tangga kembar. Dua orang bisa menaiki tangga kembar menara dan tidak saling melihat sampai mereka bertemu di atas," ujar Kusen.    

Sumber: Dailysabah 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini