Selasa 03 Aug 2021 23:21 WIB

Jumlah Penumpang Domestik Bandara Kualanamu Alami Kenaikan

Jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu terus naik.

Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.
Foto: Antara/Septianda Perdana
Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penumpang domestik yang berangkat melalui Bandara Internasional Kualanamu selama Januari-Juni 2021 meningkat dibandingkan periode sama 2020 atau mencapai 754.743 orang.

"Jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu terus naik, walau belum terlalu besar. Pada semester I 2021, jumlahnya naik 0,59 persen dibanding dengan periode sama 2020,"ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Sumut, Selasa (3/8).

Baca Juga

Pada semester I 2020, jumlah penumpang. domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu masih 750.315 orang.Kenaikan jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu itu khususnya terlihat di bulan Juni.

Pada bulan Juni, jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Kualanamu mencapai 150.762 orang atau naik 44,07 persen dibanding pada Mei yang masih 104.644 orang.Syech Suhaimi menyebutkan, jumlah penumpang domestik yang berangkat sebanyak 754.743 orang itu lebih kecil jumlahnya dari penumpang domestik yang datang melalui Bandara Kualanamu.

Selama Januari-Juni 2021, penumpang domestik yang datang sebanyak 797.420.Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution menyebutkan, mulai naiknya jumlah penumpang domestik yang berangkat dan datang melalui Bandara Kualanamu itu belum berpengaruh positif ke bisnis anggota asosiasi.Alasan dia, kedatangan dan keberangkatan penumpang domestik lebih mengarah untuk kepentingan bisnis atau mendesak.

"Kalau pun ada untuk kegiatan liburan, warga belum menggunakan jasa layanan perusahaan anggota Asita. Hingga saat ini bisnis perusahaan perjalanan wisata masih belum jalan,"ujar Solahuddin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement