Selasa 03 Aug 2021 23:45 WIB

Zakiah Daradjat, Pelopor Psikologi Islam (I)

Dalam berdakwah Zakiah Daradjat tak mengenal lelah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
 Prof Zakiah Daradjat
Foto: wordpress.com
Prof Zakiah Daradjat

IHRAM.CO.ID, Zakiah Daradjat lahir pada 6 November 1929 di Bukittinggi, Sumatra Barat, ia tumbuh dalam lingkungan keluarga yang taat beragama. Wanita ini merupakan anak tertua dari 11 bersaudara. Ayahnya, Haji Daradjat Husain aktif dalam organisasi Muhammadiyah. Sedangkan, ibunya Rafiah adalah anggota Sarekat Islam.

Sejak kecil Zakiah telah ditempa dengan pendidikan agama yang kuat dan sudah dibiasakan ibunya untuk menghadiri pengajian agama dan dilatih berpidato oleh ayahnya. Pada usia tujuh tahun Zakiah baru mulai memasuki sekolah. Dia menempuh pendidikan formal di Sekolah Dasar Muhammadiyah, dan sorenya belajar dasar-dasar agama di madrasah diniyah.

Baca Juga

Bakatnya sebagai pendakwah sudah terlihat sejak di bangku kelas 4 SD. Saat itu, untuk pertama kalinya, Zakiah berpidato dihadapan para guru dan murid dalam acara perpisahan sekolah.

Setelah lulus dari sekolah dasar, dia melanjutkan pendidikannya ke salah satu SMP di Padang Panjang sembari belajar ilmu agama di Kulliyat Muballighat, kursus calon mubalig. Kemudian, meneruskan ke sekolah menengah atas (SMA) di Bukittinggi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement