Zakiah Daradjat, Pelopor Psikologi Islam (II-Habis)

Selasa , 03 Aug 2021, 23:50 WIB Redaktur : Agung Sasongko
 Prof Zakiah Daradjat
Prof Zakiah Daradjat

IHRAM.CO.ID, Zakiah Daradjat memang merupakan seorang psikolog Muslim. Tapi, dia juga memiliki perhatian yang luar biasa terhadap pendidikan Islam. Karena itu, Zakiah turut melahirkan pemikiran di bidang pendidikan Islam

 

Terkait

Pemikiran pendidikannya cenderung ke arah pendidikan jiwa, khususnya terkait kesehatan mental. Zakiah memandang bahwa pendidikan harus mencakup kehidupan manusia seutuhnya, tidak hanya memperhatikan segi akidah dan ibadah, tapi juga akhlak.

Baca Juga

Pemikiran Zakiah Daradjat di bidang pendidikan agama banyak memengaruhi wajah sistem pendidikan di Indonesia. Dia termasuk salah seorang tokoh yang mendorong lahirnya kebijakan pembaruan madrasah.

Melalui surat keputusan Menteri Agama, Mendikbud, dan Mendagri, dia menginginkan peningkatan penghargaan terhadap status madrasah. Salah satunya dengan memberikan pengetahuan umum 70 persen dan pengetahuan agama 30 persen, sehingga lulusan madrasah bisa diterima di sekolah maupun perguruan tinggi umum.

Sementara, ketika menempati posisi sebagai direktur Perguruan Tinggi Agama, Zakiah juga banyak melakukan sentuhan bagi pengembangan perguruan tinggi agama Islam. Salah satu contoh, untuk mengatasi kekurangan guru bidang studi umum di madrasahmadrasah, Zakiah membuka jurusan tadris di IAIN.